Sari, Indah (2025) Implementasi Model Role Playing untuk meningkatkan self confidence peserta didik Pada Materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV SDN 198/I Pasar Baru. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL INDAH MAYA SARI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan, Pengesahan, pernyataan Skripsi_Indah Maya Sari.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN GAMBAR_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
BAB I_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB IV_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
BAB V_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN_INDAH MAYA SARI_A1D121035.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
RIWAYAT HIDUP SKRIPSI-INDAH MAYA SARI.pdf Download (121kB) |
![]() |
Text
MOTTO SKRIPSI_INDAH MAYA SARI.pdf Download (78kB) |
Abstract
Sari, I.M, (2025). “Implementasi Model Role Playing Untuk Meningkatkan Self Confidence Peserta didik Materi “Indonesiaku Kaya Budaya” Kelas IV SDN 198/I Pasar Baru”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah dasar, FKIP, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Ahmad Hariandi, S. Pd. I., M. Ag (II) Khoirunnisa, M.Pd. Kata Kunci: Model Role Playing, Self Confidence, IPAS, Indonesiaku Kaya Budaya Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan self confidence peserta didik materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV SDN 198/I Pasar Baru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing bertjuan untuk melihat proses peningkatan self confidence peserta didik kelas IV di SDN 198/I Pasar Baru. Proses penelitian ini dimulai dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksnakan dalam dua siklus, dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai implementasi model pembelajaran Role Playing mampu meningkatkan self confidence peserta didik pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya. Hal ini karena peserta didik mengalami peningkatan self confidence dengan melihat indikator self confidence yang dapat dilihat dari setiap siklus. Hasil yang diperoleh self confidence peserta didik pada siklus 1 pertemuan I yaitu sebesar 43,63% dengan kategori cukup dan pertemuan II yaitu sebesar 53,89% dengan kategori cukup tinggi. Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 68,31% dengan kategori tinggi dan pertemuan II mengalami peningkatan sebesar 83,05% dengan kategori sangat tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan self confidence peserta didik pada pembelajaran IPAS materi Indonesiaku kaya budaya di kelas IV SDN 198/I Pasar Baru. Hal tersebut dibuktikan dengan terjadinya peningkatan indikator self confidence pada setiap siklus dan pertemuannya. Penulis berharap dalam penerapan model role playing guru dapat menyajikan skenario permainan peran yang menarik perhatian peserta didik dan bisa berbantuan media visual dan audiovisual yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, dan materi pembelajaran. Hal ini bertujuan agar Self Confidence peserta didik meningkat selama proses belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Role Playing, Self Confidence, IPAS, Indonesiaku Kaya Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Sari |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 06:52 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76854 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |