Nada, Fitria (2025) Analisis penerapan profil pelajar pancasila dimensi (beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia) di MTsN 1 Kerinci. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (470kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (400kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FITRIA QUTRUL NADA A1A321001.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (50kB) |
Abstract
Nada, Fitria Q.2025. Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dimensi (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia) di MTS Negeri 1 Kerinci: Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd. (II) Sundari Utami, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Beriman, Bertaqwa, Akhlak Mulia, Peran Guru Permasalahan yang terjadi saat ini di sekolah MTs N 1 Kerinci guru terlihat bahwa program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) ini belum terlaksana dengan baik, dimana guru masih kebingungan dalam membuat satu aktivitas yaitu para guru masih bingung dalam menyesuaikan penerapan profil pelajar pancasila dan menentukan projek atau kegiatan yang efektif dan relevan untuk mendukung penerapan nilai-nilai tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan dan faktor penghambat Profil Pelajar Pancasila dimensi (Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia). Penelitian ini dilakukan di sekolah MTsN 1 Kerinci Kecamatan Air Hangat Timur Kabupaten Kerinci. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan Profil Pelajar Pancasila dimensi I telah berjalan efektif. Guru berperan sebagai: 1) Perencanaan projek, guru telah menyusun modul projek P5 bertema "Shalat Dhuha" yang mencakup tujuan, alur kegiatan, serta strategi pelaksanaan secara sistematis. 2) Fasilitator, guru menyediakan ruang ibadah, menjadwalkan Shalat Dhuha berjamaah, serta memberikan penjelasan kepada siswa mengenai manfaat kegiatan ini 3)Pendamping, guru membiasakan siswa dengan rutinitas keagamaan, seperti Shalat Dhuha berjamaah, pendampingan dilakukan bertahap melalui pengenalan. 4) Supervisor, guru melakukan pengawasan langsung terhadap pelaksanaan Shalat Dhuha berjamaah, serta mengevaluasi keterlibatan siswa, guru juga memberikan bimbingan dan arahan untuk membantu siswa memahami manfaat dari pelaksanaan Shalat Dhuha. 5) Moderator, guru interaksi siswa mengenai manfaat dan tata cara pelaksanaan Shalat Dhuha serta menerapkan strategi rotasi peran, seperti memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjadi imam shalat atau pembaca doa, guru juga membimbing siswa dalam mengembangkan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat orang. Secara keseluruhan, penerapan Profil Pelajar Pancasila pada dimensi ini telah berjalan dengan baik di MTsN 1 Kerinci. Kesimpulannya yaitu bahwa penerapan Profil pelajar Pancasila dimensi (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia guru sudah menjalankan sesuai dengan peran guru dalam menjalankan P5 seperti perencanaan projek, menjadikan fasilitator, pendamping, suvervisor dan menjadi moderator, terdapat juga beberapa faktor penghambat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Profil Pelajar Pancasila, Beriman, Bertaqwa, Akhlak Mulia, Peran Guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | NADA |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 06:48 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |