Suharti, Rizki (2025) Implementasi Platform Merdeka Mengajar Berorientasi Pembelajaran Era Digital Oleh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (525kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (594kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (429kB) |
![]() |
Text
Full Skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (339kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (326kB) |
Abstract
Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah sebuah platform digital yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjadi alat bantu guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya. Fitur pembelajaran yang tersedia dalam Platform Merdeka Mengajar dirancang untuk mempermudah guru dalam mengembangkan proses pembelajaran serta mendukung pemahaman, penerapan, dan pengembangan Kurikulum Merdeka secara efektif dan terstruktur. Namun realita yang disuguhkan dalam penerapan kurikulum merdeka masih belum terealisasikan dengan maksimal, salah satunya penerapan fitur platform merdeka mengajar (PMM) oleh guru mata pelajaran Pendidikan Pancasila di SMA Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Permasalahan yang timbul didominasi dari penerapan fitur mengajar yang masih kesulitan dalam mengimplemntasiannya. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui guru Pendidikan Pancasila dalam mengimplementasikan platform merdeka mengajar yang berorientasi pembelajaran era digital, serta untuk menganalisis hambatan guru Pendidikan Pancasila dalam implmentasi platform merdeka mengajar yang berorientasi pembelajaran era digital. Fokus penelitian meliputi penerapan PMM dalam pemanfaatan fitur mengajar yang didalamnya terdapat perancangan alur tujuan pembelajaran, penggunaan perangkat ajar, serta perencanaan dan asesmen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, guru Pendidikan Pancasila, serta siswa kelas X Fase E3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) oleh guru Pendidikan Pancasila di SMAN 3 Tanjung Jabung Timur dilakukan dengan menjadikan PMM sebagai sumber belajar pendukung. Guru mengacu pada capaian pembelajaran (CP) dan alur tujuan pembelajaran (ATP) sebagai referensi utama, yang kemudian diintegrasikan melalui pendekatan kontekstual dan fleksibel. Dalam penggunaan perangkat ajar, guru memadukan media digital dari PMM dengan sumber belajar konvensional untuk meningkatkan relevansi materi. Pada perencanaan pembelajaran dan asesmen, guru menerapkan pendekatan berdiferensiasi dengan menyesuaikan asesmen dari PMM sesuai kebutuhan siswa. Selain itu, sekolah berperan dalam memonitor perencanaan dan evaluasi pembelajaran melalui fitur E-Kinerja pada PMM. Meskipun demikian, implementasi PMM masih menghadapi hambatan. Hambatan internal meliputi keterbatasan perangkat ajar dari PMM, kesulitan guru dalam mengadaptasi CP dan ATP, serta keterbatasan variasi asesmen. Sementara itu, hambatan eksternal mencakup keterbatasan infrastruktur serta kesiapan sekolah dalam mendukung implementasi PMM.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Platform Merdeka Mengajar, Pembelajaran Era Digital, Pendidikan Pancasila. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn |
Depositing User: | RIZKI SUHARTI |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 08:16 |
Last Modified: | 10 Apr 2025 08:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76915 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |