Vini, Vini (2025) Pengembangan e-Modul Bebasis Understanding by Design Berdasarkan Cognitive Load Theory Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa pada Materi Geometri Transformasi. S1 thesis, Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (351kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI SETELAH SIDANG_VINI_A1C221025.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN .pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kreativitas matematis siswa dan tingginya beban kognitif siswa karena proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa emodul berbasis Understanding By Design berdasarkan Cognitive Load Theory untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi geometri transformasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan(Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validitas desain dan materi, angket praktikalitas untuk guru dan siswa, angket respon siswa, tes kemampuan kreativitas matematis siswa, angket skor self-rating cognitive load scale dan lembar observasi siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Understanding By Design berdasarkan Cognitive Load Theory untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa pada materi geometri transformasi memenuhi kriteria kualitas produk yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. e-Modul yang dikembangkan dinyatakan layak di mana untuk aspek kevalidan diperoleh persentase skor penilaian sebesar 81,05% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi materi dan skor 90% dengan kriteria “Sangat Valid” pada segi desain. Untuk aspek kepraktisan, diperoleh persentase skor sebesar 93,84% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh guru dan skor 86,91% dengan kriteria “Sangat Praktis” dari hasil praktikalitas oleh siswa. Untuk aspek keefektifan, diperoleh persentase skor 90,70% dengan kriteria “Sangat Efektif” dari hasil angket respon siswa, diperoleh rata-rata persentase kemampuan kreativitas matematis siswa sebesar 65,29% dengan kriteria “Kreatif” dan diperoleh rata – rata persentase beban kognitif siswa sebesar 46,34% dengan kriteria “Agak Mudah”, sehingga media pembelajaran dinyatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan kreativitas matematis siswa dan dapat mengurangi beban kognitif siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-Modul, Understanding by Design, Cognitive Load Theory, Kemampuan Kreativitas Matematis, Geometri Transformasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VINI |
Date Deposited: | 10 Apr 2025 08:15 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 05:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |