Khairunnisa, Dinda and Hendra, Robi and Pratama, Linardo (2025) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (54kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (527kB) |
Abstract
Kharunnisa, Dinda. (2025) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kesejahteraan guru terhdap kinerja guru di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi: (1) Dr. Robi Hendra, S.Pd., M.Pd. (2) Linardo Pratama, M.Pd.I. Kata Kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional, kesejahteraan guru, kinerja guru Peran dan kinerja guru memiliki kepentingan yang besar dalam kemajuan mutu pendidikan. Tanpa kinerja guru yang baik, tujuan tersebut akan sulit tercapai. Oleh karena itu, kinerja guru memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Penilaian terhadap kinerja guru menjadi semakin penting ketika lembaga akan melakukan reposisi, yaitu lembaga harus mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi kinerja tersebut. Pentingnya peran guru sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas dan kinerja guru akan sangat berpengaruh terhadap kualitas/mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Analisis data dilakukan dengan model pengukuran (outer model) dan model struktural (inner model) menggunakan aplikasi SmartPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMA Negeri 4 Kota Jambi, dengan total 77 guru sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dengan hasil nilai p-value 0,000 < 0,05, T statistics 9.308. Kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dengan hasil nilai p-value 0,016 < 0,05, T-statistics 2.406. Kesejahteraan guru berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru, dengan hasil nilai p-value 0,000 < 0,05, T-statistics 4.462. Dan terdapat pengaruh secra bersama-sama yang signifikan dari variabel kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional dan kesejahteraan guru terhadap kinerja guru, dengan nilai R-squared (R²) sebesar 0,570 dan R-squared adjusted sebesar 0,567. Temuan ini menegaskan pentingnya mempertimbangkan aspek kepemimpinan, kecerdasan emosional, dan kesejahteraan guru secara holistik dalam upaya meningkatkan kinerja guru di lingkungan sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan kepala sekolah, kecerdasan emosional, kesejahteraan guru, kinerja guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | DINDA KHAIRUNNISA |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 01:55 |
Last Modified: | 11 Apr 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/76931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |