Proses Pembelajaran Ilmu Nahwu Pada Bab Tarkib Di Tingkat Tsanawiyah Pondok Pesantren Jauharul Wathon Desa Setiris

Pratama, Aldo (2025) Proses Pembelajaran Ilmu Nahwu Pada Bab Tarkib Di Tingkat Tsanawiyah Pondok Pesantren Jauharul Wathon Desa Setiris. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (6MB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (290kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses pembelajaran Ilmu Nahwu, khususnya pada bab Tarkib di Pondok Pesantren Jauharul Wathon Desa Setiris. Fokus penelitian mencakup proses pembelajaran yang diterapkan, analisis faktor pendukung dan penghambat dalam penguasaan materi, serta strategi peningkatan pembelajaran yang dilakukan oleh para pengajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian ini didapatkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bab tarkib difokuskan pada pembentukan kalimat dan penguasaan struktur kalimat bahasa Arab. Pembelajaran menggunakan media tradisional berupa papan tulis, buku ajar, dan buku catatan santri, sementara kamus bahasa Arab digunakan untuk membantu memperluas kosakata santri. Faktor pendukung pembelajaran antara lain lingkungan pesantren yang kondusif, peran aktif guru yang kompeten, serta latihan tambahan yang terorganisir. Faktor penghambat pembelajaran meliputi pengaruh internal dan eksternal. Untuk mengatasi kendala tersebut, para guru menerapkan strategi peningkatan. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang lebih praktis dan inovatif, serta penyediaan bahan ajar yang memadai untuk mendukung pembelajaran Ilmu Nahwu, khususnya pada bab Tarkib. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Ilmu Nahwu khususnya bab Tarkib di tingkat Tsanawiyah Pondok Pesantren Jauharul Wathon Desa Setiris, baik dalam aspek teoritis maupun praktik, guna mendukung penguasaan bahasa Arab yang lebih mendalam di kalangan santri.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran, Ilmu Nahwu, Bab Tarkib
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Aldo Pratama
Date Deposited: 14 Apr 2025 06:29
Last Modified: 14 Apr 2025 06:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77055

Actions (login required)

View Item View Item