Implementasi PembelajaranLuar Kelas Menggunakan Komplek Candi Muaro Jambi Berbasis Modelling Mathematics Materi Geometri di SMPN 11 Muaro Jambi”

adi, nofri (2019) Implementasi PembelajaranLuar Kelas Menggunakan Komplek Candi Muaro Jambi Berbasis Modelling Mathematics Materi Geometri di SMPN 11 Muaro Jambi”. Other thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL (FIX).docx

Download (29kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI (FIX).docx

Download (37kB)
[img] Text
Cetak Hijau.pdf

Download (620kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (428kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (97kB)

Abstract

Pembelajaran Luar kelas (Outdoor Learning) merupakan aktivitas luar sekolah yang berisi kegiatan di luar kelas/sekolah dan di alam bebas lainnya, seperti: bermain di lingkungan sekolah, aman, perkampungan, pertanian/nelayan, berkemahan kegiatan yang bersifat kepetualangan, serta pengembangan aspek pengetahuan yang relevan. Dalam konteks ini, tujuan pemodelan matematika adalah mengarahkan siswa untuk membuat prediksi, menjelaskan masalah, menggambarkan dan memahami situasi yang berbeda di dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implementasi outdoor learning menggunakan komplek Candi Muaro Jambi berbasis modelling mathematics materi geometri di kelas VIII SMPN 11 Muaro Jambi serta mengetahui kendala-kendala yang terjadi pada implementasinya . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, angket gaya belajar, dan angket persepsi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran luar kelas berbasis modelling mathematics terdapat 5 tahapan yaitu:(1) Orientasi siswa terhadap masalah konteks outdoor(Real situation), yakni guru memberikan gambaran awal tentang bangun ruang sisi datar yang berkaitan dengan kehidupan nyata yang ada di komplek percandian Muaro Jambi. (2) Membuat real model masalah dan collect data (Real mode) diintergrasikan kegiatan mengamati, bertanya dan menalar. (3)Menentukan recana penyelesaian masalah berdasarkan model matematik yang dibuat (Mathematical model), dimana siswa diminta membuat model matematika untuk menyelesaikan masalah berdasarkan masalah dan data yang didapat melalui obeservasi di lapangan. (4) Melaksanakan eksperimen berdasarkan model mathematics (Mathematical result), yakni siswa diminta untuk melaksanakan rencana penyelesaian masalah. (5) Melakukan presentasi hasil dan refleksi hasil berdasarkan konteks outdoor (Real result). Adapun kendala yang dihadapi antara lain: (1) Siswa merasa kesulitan dalam menggunakan meteran seabagai alat ukur, (2) kesulitan dalam mengamati fenomena matematika di lapanga, (3) jarak dari sekolah ke lokasi outdoor cukup jauh (4) tidak adanya permainan di sela-sela pembelajaran sehingga membuat siswa menjadi cepat bosan (5) siswa masih malu-malu dalam memberikan tanggapan, masukan dan kesimpulan saat pembelajaran berlangsung.

Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOFRIADI
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:53
Last Modified: 15 Apr 2019 07:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7710

Actions (login required)

View Item View Item