Sundari, Riri (2019) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Debat Aktif Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
Text
1. COVER.pdf Download (157kB) |
|
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (33kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (125kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Sundari, Riri. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Model Debat Aktif Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd., (2) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd., Kata kunci: Keterampilan Berbicara, Model Debat Aktif, Pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model Debat Aktif pada pembelajaran IPS dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDIT Ahmad Dahlan Kota Jambi pada Januari 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas II siklus dimana dalam tiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi serta refleksi. Dari hasil data yang telah diperoleh persentase tindakan unjuk kerja menunjukkan bahwa hasil tindakan unjuk kerja siswa pra siklus sebesar 31,66% dan mengalami peningkatan pada siklus I. Hasil tindakan unjuk kerja siswa pada siklus I yaitu 52,91%. Pada pertemuan 1 Hasil unjuk kerja siswa yaitu 45,83% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 yaitu 60%. Hasil unjuk kerja siswa pada siklus II yaitu 77,91%. Pada pertemuan 1 yaitu 62,77% dan hasil unjuk kerja siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 2 yaitu 85,83%. Hasil penelitian yang diperoleh dari data observasi yang telah dibuat menunjukkan bahwa pra tindakan hasil observasi mengenai keterampilan berbicara siswa 40,85% dan mengalami peningkatan pada siklus I. Hasil observasi mengenai sebesar keterampilan berbicara pada siklus I yaitu 48,32%. Pada pertemuan 1 hasil observasi mengenai keterampilan berbicara keterampilan berbicara yaitu 76,11% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 yaitu 86,10%. Hasil observasi mengenai keterampilan berbicara pada siklus II yaitu 74,43%. Pada pertemuan 1 Hasil observasi mengenai keterampilan berbicara keterampilan berbicara yaitu 62,77% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 yaitu 86,10%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Debat Aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar. Dari hasil penelitian ini disarankan dengan menggunakan model Debat Aktif guru terlebih dahulu dapat memperhatikan karakteristik siswa dan merencanakan segala sesuatunya dengan tepat dan dapat menerapkan model Debat Aktif dengan menjalankan langka-langkah pembelajarannya secara efektif
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RIRI SUNDARI |
Date Deposited: | 12 Apr 2019 07:16 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7711 |
Actions (login required)
View Item |