Investigasi Faktor Penentu Kesiapan Teknologi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Mengintegrasikan Augmented Reality

Trisnawati, Winda (2025) Investigasi Faktor Penentu Kesiapan Teknologi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Muhammadiyah dalam Mengintegrasikan Augmented Reality. S3 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Wilda.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (302kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (251kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)
[img] Text
Full Disertasi Wilda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tuntutan pengajaran abad 21 membutuhkan pengajar yang mampu mendesain dan menggunakan media pembelajaran yang teritegrasi teknologi secara efektif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menginvestigasi faktor penentu yang mempengaruhi kesiapan teknologi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dalam mengintegrasikan Augmented Reality (AR). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi Perguruan Tinggi dalam membentuk mahasiswa sebagai calon guru yang siap menghadapi tantangan teknologi di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix-method concurrent embedded design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. Peneliti menggunakan survei guna mengumpulkan data kuantitatif dan menggunakan wawancara pada Focus Group Discussion (FGD) guna mengumpulkan data kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan daftar pertanyaan wawancara. Data kuantitatif dianalisis menggunakan SEM PLS confirmatory composite analysis (CCA) dan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis tematik. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa dari 11 hipotesis yang diuji, 9 hipotesis menunjukkan hubungan yang signifikan (Ha diterima), sementara 2 hipotesis tidak menunjukkan hubungan yang signifikan (Ho diterima). Temuan ini mengindikasikan bahwa kesiapan teknologi mahasiswa dalam mengintegrasikan AR dipengaruhi oleh empat faktor utama, yaitu Karakteristik Pengguna, Teori Pembelajaran Konektivisme, Pengalaman Mendesain AR, dan Teori Pembelajaran Multimedia. Pengalaman positif dalam mendesain media pembelajaran berbasis AR memperkuat kepercayaan diri mahasiswa dalam mengadopsi teknologi AR dan membentuk persepsi mahasiswa terhadap kegunaan teknologi AR dalam pembelajaran. Keterbatasan penelitian ini yaitu adanya beberapa hipotesis yang menunjukkan hasil yang tidak signifikan sehingga memberikan peluang untuk penelitian lebih lanjut yang dapat mengeksplorasi variabel-variabel lain serta mengidentifikasi kondisi tertentu yang dapat memperkuat pengaruh teori-teori tersebut pada pembelajaran berbasis teknologi AR. Kebaruan penelitian ini yaitu karakateristik pengguna menujukkan pengaruh yang paling kuat terhadap kesiapan teknologi mahasiswa sebagai calon guru agar dapat mendesain media pembelajaran berbasis AR dengan setting pembelajaran Bahasa Inggris dalam konteks Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia.

Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Desain Media Pembalajaran, Kesiapan Teknologi, Teori Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S3 Kependidikan
Depositing User: Winda Trisnawati
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:45
Last Modified: 14 Apr 2025 07:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77161

Actions (login required)

View Item View Item