Amroh, Amroh (2025) Eksplorasi Keaktifan Peserta Didik Tahap Do Lesson Study dengan Transcript Based Lesson Analysis Menggunakan Nvivo pada Mata Kuliah Perubahan Iklim. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI..pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
Halaman Judul atau Cover..pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman pengesahan.pdf Download (853kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK..pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Bab 1..pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
Bab V..pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka...pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang berlangsung saat menggunakan lesson study berbasis transcript based lesson analysis pada mata kuliah perubahan iklim dan mendeskripsikan eksplorasi pembelajaran lesson study pada mata kuliah perubahan iklim dengan transcript based lesson analysis menggunakan nvivo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui video, rekaman suara dan dokumentasi yang dibuat menjadi transkrip percakapan di excel yang terdiri dari angka, menit, detik, pembicara dan ujaran, kemudian excel tersebut dianalisis menggunakan nvivo. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode lesson study berbasis transcript based lesson analysis meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa dalam diskusi kelompok, interaksi mahasiswa-guru, dan dalam kegiatan pembelajaran individu. Penggunaan nvivo memungkinkan pengolahan data yang efisien dan sistematis, memberikan visualisasi interaksi dalam bentuk word cloud, word tree, dan grafik untuk mengidentifikasi tema-tema utama dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan yang pertama kali menggunakan nvivo untuk menganalisis data transcript based lesson analysis dalam konteks pembelajaran perubahan iklim. Sebelumnya, analisis transcript based lesson analysis dilakukan secara manual yang kurang efisien dan berpotensi bias. Penggunaan nvivo mempercepat analisis, meningkatkan akurasi, dan memungkinkan visualisasi data yang lebih kompleks.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan Peserta Didik, Lesson Study, NVivo, Transcript Based Lesson Analysis. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Amroh |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 07:11 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |