Eksplorasi Keaktifan Peserta Didik Tahap Do Lesson Study dengan Transcript Based Lesson Analysis Menggunakan Nvivo pada Mata Kuliah Perubahan Iklim

Amroh, Amroh (2025) Eksplorasi Keaktifan Peserta Didik Tahap Do Lesson Study dengan Transcript Based Lesson Analysis Menggunakan Nvivo pada Mata Kuliah Perubahan Iklim. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Halaman Judul atau Cover..pdf

Download (49kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan, Halaman pengesahan.pdf

Download (853kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf

Download (37kB)
[img] Text
Bab 1..pdf

Download (152kB)
[img] Text
Bab V..pdf

Download (69kB)
[img] Text
Daftar Pustaka...pdf

Download (219kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran yang berlangsung saat menggunakan lesson study berbasis transcript based lesson analysis pada mata kuliah perubahan iklim dan mendeskripsikan eksplorasi pembelajaran lesson study pada mata kuliah perubahan iklim dengan transcript based lesson analysis menggunakan nvivo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dimana data dikumpulkan melalui video, rekaman suara dan dokumentasi yang dibuat menjadi transkrip percakapan di excel yang terdiri dari angka, menit, detik, pembicara dan ujaran, kemudian excel tersebut dianalisis menggunakan nvivo. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode lesson study berbasis transcript based lesson analysis meningkatkan keterlibatan aktif mahasiswa dalam diskusi kelompok, interaksi mahasiswa-guru, dan dalam kegiatan pembelajaran individu. Penggunaan nvivo memungkinkan pengolahan data yang efisien dan sistematis, memberikan visualisasi interaksi dalam bentuk word cloud, word tree, dan grafik untuk mengidentifikasi tema-tema utama dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan yang pertama kali menggunakan nvivo untuk menganalisis data transcript based lesson analysis dalam konteks pembelajaran perubahan iklim. Sebelumnya, analisis transcript based lesson analysis dilakukan secara manual yang kurang efisien dan berpotensi bias. Penggunaan nvivo mempercepat analisis, meningkatkan akurasi, dan memungkinkan visualisasi data yang lebih kompleks.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Peserta Didik, Lesson Study, NVivo, Transcript Based Lesson Analysis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Amroh
Date Deposited: 14 Apr 2025 07:11
Last Modified: 14 Apr 2025 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77209

Actions (login required)

View Item View Item