Hukum Perlindungan Konsumen Pengguna Tabung Gas LPG 3KG yang dibeli dari PT. Indah Sukses Abadi di Kecamatan Paal Merah Jambi

Az-Zahra, Wiandha (2025) Hukum Perlindungan Konsumen Pengguna Tabung Gas LPG 3KG yang dibeli dari PT. Indah Sukses Abadi di Kecamatan Paal Merah Jambi. S1 thesis, Hukum Bisnis.

[img] Text
skripsi wiandha azzahra revisi sidang FIKS.docx
Restricted to Repository staff only

Download (941kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Wiandha Az-Zahra B1A121354 Lembar Penges.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK Wiandha Az-Zahra B1A121354.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN Wiandha Az-Zahra B1A121354.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP Wiandha Az-Zahra B1A121354.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Wiandha Az-Zahra B1A121354.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen pengguna tabung gas LPG 3Kg. Penggunaan tabung gas LPG 3Kg terdapat peraturan khusus yang mengatur distribusi dan penggunaannya, terutama bagi rumah tangga dan pedagang UMKM. Namun, permasalahan kebocoran tabung LPG 3Kg masih sering terjadi, seperti yang ditemukan pada PT. Indah Sukses Abadi di Kota Jambi. Kasus kebocoran ini dapat mengancam keamanan dan keselamatan konsumen serta tidak terpenuhi hak-hak konsumen. Tujuan dari penelitian ini yakni mengetahui dan menganalisis tanggung jawab PT. Indah Sukses Abadi terhadap konsumen atas kerugian akibat kebocoran tabung gas LPG 3Kg serta mengetahui dan menganalisis kendala apa saja dalam pelaksanaan tanggung jawab PT. Indah Sukses Abadi terhadap konsumen atas kerugian akibat kebocoran tabung gas LPG 3Kg. Metode penelitian ini menggunakan yuridis empiris yang dilakukan dengan cara penelitian lapangan dengan melakukan wawancara bersama responden dan informan. Dari hasil penelitian ini ialah tidak terpenuhinya hak-hak konsumen dalam mendapatkan hak keamanan, mendapatkan barang sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan oleh pelaku usaha.Tabung gas yang diedarkan tidak memenuhi standar dan kebocoran tabung gas LPG 3Kg ini akibat kurangnya pengawasan dan kepatuhan terhadap SOP oleh pihak Agen PT. Indah Sukses Abadi yang telah ditetapkan oleh Pertamina. Serta fakta dilapangan menujukkan masih banyak tabung bocor yang diterima konsumen tanpa mekanisme pertukaran yang jelas. Saran dalam pembahasan yakni Agen PT. Indah Sukses Abadi perlu meningkatkan pengawasan tabung sebelum distribusikan dengan pengecekan rutin, kelayakan dan penerapan SOP secara disiplin. Mekanisme penggantian tabung bocor harus diperjelas serta konsumen perlu memahami hak-haknya dan prosedur pengaduan sesuai UUPK. Kata Kunci: Konsumen; LPG 3Kg; Perlindungan Hukum

Type: Thesis (S1)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: WIANDHA AZ-ZAHRA
Date Deposited: 14 Apr 2025 08:34
Last Modified: 14 Apr 2025 08:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77240

Actions (login required)

View Item View Item