Anggraini, Wilda (2019) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Peserta Didik dengan Menggunakan Model Guided Inquiry-Discovery di Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
![]() |
Text
cover.docx Download (145kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (692kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.docx Download (23kB) |
![]() |
Text
BAB I.docx Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB V.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggraini, Wilda. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Peserta Didik dengan Menggunakan Model Guided Inquiry-Discovery di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Syahrial., M.Ed., Ph.D, (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Model Guided Inquiry-Discovery dan Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IVC Sekolah Dasar SD Negeri 66//IV Kota Jambi. Kurangnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah membuat peserta didik kesulitan dalam memahami masalah yang telah disampaikan guru, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan juga mengecek kembali hasil yang didapat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV Sekolah dasar Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SDN 66/IV Telanaipura Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IVC SDN 66/IV Telanaipura Kota Jambi. Untuk melihat meningkatnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik, penelitian ini menggunakan Tes evaluasi, Observasi dan juga wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan model guided inquiry-discovery dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas IVC SDN 66/IV Telanaipura Kota Jambi.. Pengumpulan data mengenai kemampuan pemecahan masalah IPA yang terdiri dari pemahaman masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan mengecek kembali. Adapun persentase kemampuan pemecahan masalah pada siklus I sebesar 52,8% dengan kategori cukup baik. Siklus II mengalami peningkatan dari pada siklus I yaitu mengalami peningkatan 27,2% dengan capaian persentase 80% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa menggunakan model guided inquiry-discovery dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas IVC SDN 66/IV Telanaipura Kota Jambi. Disarankan agar perlu adanya penelitian lebih lanjut bagaimana jika dalam meningkatkan pemecahan masalah dengan menggunakan model lain dan juga dengan menggunakan media yang lain.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WILDA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 01:45 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 01:45 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |