MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS IV SD

Apriliani, Silvia (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS IV SD. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
A halaman pnsehan silvia.pdf

Download (11kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB 1-dikonversi.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Apriliani, Silvia. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Di Kelas IV SD 121/1 Muara Singoan: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Destrinelli, M.Pd., (II) Irma Zurika Hardesi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek, Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD 121/1 Muara Singoan . Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan tes. Tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek. Setelah observasi dan tes dilakukan, kemudian data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek. Dapat dilihat dari hasil pada siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh hanya sebesar 46%. siklus I belum memenuhi target yang akan dicapai dengan target ketuntasan klasikal sebesar 70%. Pada siklus II ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 83%. Pada siklus II ini hasil yang diperoleh sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru memilih model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sehingga, dapat mencapai tujuan pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: SILVIA APRILIANI
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:14
Last Modified: 15 Apr 2019 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7735

Actions (login required)

View Item View Item