Noprianti, Seli (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI POWTOON BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) MATERI POLA PEWARISAN SIFAT HUKUM MENDEL KELAS XII SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
SKRISPI SELI NOPRIANTI.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penggunaan media yang kurang bervariasi dalam pembelajaran berdampak pada kurangnya minat dan perhatian dari peserta didik. Salah satu cara untuk meningkatkan minat peserta didik yaitu melalui pengembangan media pembelajaran berdasarkan metode pembelajaran yang menitikberatkan realitas kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media, menganalisis kelayakan media, menganalisis penilaian guru, dan peserta didik serta menganalisis efektivitas media pembelajaran video animasi powtoon berbasis STEM materi pola pewarisan sifat hukum mendel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluation). Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli materi dan ahli media untuk menilai kelayakan produk, angket penilaian guru biologi dan angket peserta didik disebarkan 8 peserta didik (kelompok kecil) dan 28 peserta didik (kelompok besar) serta hasil belajar dianalisis menggunakan software SPSS versi 23. Hasil pengembangan video animasi powtoon berbasis STEM telah melalui tahap validasi materi sebanyak 3 kali dengan hasil akhir persentase sebesar 93,3% kategori “sangat layak”. Tahap validasi media sebanyak 2 kali dengan hasil akhir persentase sebesar 95% kategori “sangat layak”. Hasil penilaian guru biologi diperoleh persentase 91,6% kategori “sangat baik”. Hasil penilaian ujicoba kelompok kecil diperoleh persentase 88,3% kategori “sangat baik”. Hasil penilaian ujicoba kelompok besar diperoleh persentase 90,5% kategori “sangat baik”. Hasil Uji efektivitas menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,005) dengan rata-rata N-gain skor sebesar 0,67 (sedang) artinya terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar sebelum dan setelah penggunaan video animasi powtoon berbasis STEM. Sehingga disimpulkan video animasi powtoon berbasis STEM dinyatakan layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik serta dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan perhatian dan minat peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Powtoon, Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM), Pola Pewarisan Sifat Hukum Mendel, Video animasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Noprianti |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 08:01 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77458 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |