Marbun, Rotua (0017) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PjBL-STEAM Pada Materi Koloid Untuk Menumbuhkan Literasi Kimia. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
BAB I final.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN final.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FINAL ROTUA MARBUN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB IV FINAL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Marbun, Rotua. 2025, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis PjBL-STEAM Berbasis PjBL-STEAM Pada Materi koloid Untuk Menumbuhkan Literasi Kimia”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Jambi. Pembimbing (I) Prof. Dr.Drs. Haryanto, M.Kes. (II) Aulia Sanova, St, M.Pd. Kata Kunci: Video Pembelajaran, PjBL-STEAM, Literasi Kimia, Kimia. Media video pembelajaran adalah alat yang dirancang sedemikian rupa untuk digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berbentuk video sound visual. Media ini dapat berupa rekaman presentasi, simulasi atau animasi yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video pembelajaran Berbasis PjBL-STEAM Pada Materi Koloid untuk menumbuhkan literasi kimia peserta didik serta untuk mengetahui kelayakan, respon peserta didik dan kemampuan literasi kimia dari media yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Lee & Owens yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Instrument penilaian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif komentar dan saran dan analisi data kuantitatif (rata-rata jawaban dan persentase). Hasil penelitian adalah sebuah produk berupa video pembelajaran Berbasis PjBL-STEAM pada materi koloid untuk menumbuhkan literasi kimia, yang telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan rerata skor 4,78% dan 4,93% dengan kategori “sangat layak” sehingga dapat diujicobakan. Selanjutnya penilaian guru diperoleh % dengan kategori “4,72%”, serta mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan persentase pada uji coba satu-satu 93% dan pada uji coba kelompok kecil 88,7% dengan kategori “sangat baik” dan hasil tes kemampuan literasi kimia peserta didik pada uji coba satu satu 76,6% dan pada uji coba kelompok kecil 77% dengan kategori “sangat baik” Berdasarkan hasil yang di peroleh dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis PjBL-STEAM pada materi koloid berpotensi dalam menumbuhkan literasi kimia peserta didik serta layak digunakan secara teoritis dan praktis sebagai salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami konsep secara mandiri.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Pembelajaran, PjBL-STEAM, Literasi Kimia, Kimia. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Marbun |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:13 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |