Irfan, Irfan (2025) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LIVEWORKSHEET MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Skripsi Irfan_A1D121131.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
![]() |
Text
Cover_Irfan.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Abstrak_Irfan.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
BAB I_Irfan.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text
BAB V_Irfan.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text
Pengesahan_Irfan.pdf Download (602kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_Irfan.pdf Download (250kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) menjelaskan proses pengembangan dari E-LKPD berbasis Liveworksheet menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV Sekolah Dasar (2) menjelaskan tingkat validitas dari E-LKPD berbasis Liveworksheet menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV Sekolah Dasar, (3) menjelaskan tingkat kepraktisan dari E-LKPD berbasis Liveworksheet menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatam Penelitian dan Pengembangan dengan model DDD-E (Decide, Design, Develop, and Evaluate) sebagai pedoman tahapan mengembangkan produk. Lokasi penelitian dilaksanakan adalah di SDN 29/I Terusan, Kec. Maro Sebo Ilir, Kab. Batanghari, Jambi pada bulan Februari-Maret 2025. Data penelitian didapatkan dari observasi, wawancara, angket validasi materi, media, dan bahasa, serta angket kepraktisan guru dan peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini berupa E-LKPD yang diakses secara daring melalui website Liveworksheet menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada materi Indonesiaku Kaya Budaya kelas IV Sekolah Dasar. Tingkat validitas produk diperoleh dari para validator ahli. Validitas materi mendapatkan skor akhir 4,25 dengan kategori “sangat valid”, validasi media 4,55 dengan kategori “sangat valid”, dan validasi bahasa 3,35 dengan kategori “valid”. Tingkat kepraktisan produk diperoleh dari penilaian kuesioner respon guru sebesar 4,42 dengan kategori “sangat praktis”, respon peserta didik kelompok kecil sebesar 4,5 dengan kategori “sangat praktis” dan respon peserta didik kelompok besar sebesar 4,57 dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan perolehan penilaian akhir data validitas dan kepraktisan, produk yang peneliti kembangkan layak digunakan dan dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya menambahkan elemen seperti audio, perekam suara, atau video pada produk menggunakan Liveworksheet untuk memaksimalkan fitur tersebut. Selain itu, pengembangan materi lanjutan pada kearifan lokal lainnya dapat membantu untuk melestarikan kearifan lokal di daerah Nusantara Indonesia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, liveworksheet, pembelajaran IPAS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | IRFAN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:46 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77537 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |