ANALISIS MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BAKAT SISWA MAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP)

Ardinata, Nurkholis (2025) ANALISIS MANAJEMEN EKSTRAKURIKULER FUTSAL DALAM MENINGKATKAN MINAT BAKAT SISWA MAN 1 TANJUNG JABUNG BARAT DENGAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT (CIPP). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (242kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (359kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Manajemen peserta didik sangat penting untuk mengoptimalkan potensi siswa, salah satunya melalui program ekstrakurikuler futsal. Namun, hal ini terbentur pada keterbatasan sarana prasarana, pendanaan, kurangnya apresiasi terhadap prestasi siswa, dan pengelolaan yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan ekstrakurikuler futsal di MAN 1 Tanjung Jabung Barat dalam meningkatkan minat dan bakat peserta didik dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penentuan responden menggunakan metode purposive sampling, yaitu secara sengaja dengan memenuhi syarat tertentu yang relevan, sehingga subjek yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, pembina atau pelatih serta ketua pengurus. Peneliti bertindak sebagai pengamat penuh sekaligus pengumpul data melalui wawancara langsung. Untuk memverifikasi keakuratan data hasil penelitian diuji menggunakan pendekatan triangulasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis tematik, di mana data yang telah dikumpulkan akan dikoding melalui Software Nvivo 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Manajemen Ekstrakurikuler Futsal di MAN 1 Tanjung Jabung Barat telah berjalan baik dan menunjukkan hasil positif dalam pengembangan bakat minat walaupun belum sepenuhnya optimal, serta keempat komponen CIPP saling berkaitan dalam menentukan keberhasilan program yaitu, Context → pembentukan esktrakurikuler dilatarbelakangi kebutuhan siswa untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang olahraga futsal sejalan dengan visi madrasah. Input → masih terkendala dalam pengelolaan anggaran, fasilitas masih terbatas, tetapi diatasi dengan menjalin kerjasama dengan pihak eksternal khususnya penggunaan lapangan futsal. Program dikelola oleh satu pelatih utama dengan struktur yang jelas, serta jadwla kegiatan terstruktur dua kali per minggu dengan durasi dua jam per sesi latihan. Prosess → pengawasan secara intensif oleh pelatih dengan peserta mencapai 30 siswa. Untuk evaluasi program secara berkala minimal setiap akhir semester dan setelah event besar. Proses seleksi tim untuk kompetisi dilakukan melalui uji tanding internal dan antar sekolah. Product → program berhasil meningkatkan minat dan bakat siwa melalui turnamen internal bulanan. Prestasi yang pernah diraih pada tahun 2024 diantaranya, juara I turnamen pelajar NU tingkat kabupaten, juara III Piala Kemerdekaan U 15, serta juara III Piala Seberang Kota tingkat kabupaten.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Futsal, CIPP, Minat Bakat Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: ARDINATA
Date Deposited: 22 Apr 2025 03:02
Last Modified: 22 Apr 2025 03:02
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77574

Actions (login required)

View Item View Item