ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 47/IV KOTA JAMBI

MULYA, DIVA (2019) ANALISIS DAMPAK IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SDN 47/IV KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BAB I DAN V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
SCAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SCAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mulya, Diva Afri Analisis Dampak Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di SDN 47/IV Kota Jambi. Jurusan Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Agustus 2018. Kata Kunci : Program sekolah ramah anak, Dampak Implementasi Program sekolah ramah anak merupakan program pendidikan anti diskriminatif, perhatian dan melindungi anak, lingkungan yang sehat, serta adanya partisipasi orang tua, program sekolah ramah anak juga merupakan program menjunjung tinggi hak anak disekolah dengan memberikan kenyamanan, kemanan, dan kebebasan dalam mengungkapkan pendapat, dengan adanya program sekolah ramah anak ini bisa menjadikan peserta didik dalam mendapatkan penegtahuan yang baik, mengikuti pembelajaran dengan nyaman dan aman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Hubberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan program sekolah ramah anak memberikan dampak yang positif karena program ini menuntut untuk memenuhi hak-hak anak disekolah, memberikan pelayanan keamanan, kenyamanan serta membuat anak lebih gembira berada disekolah sehingga anak lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan aktif dalam berkreativitas. Sarana prasarana sekolah sudah cukup memadai, kondisi kenyamanan dan keamanan lingkungan sekolah sudah ditingkatkan. Melalui komitmen pemimpin sekolah menekankan untuk melaksanakan disiplin sekolah tanpa adanya diskriminasi atau tanpa kekerasan dan selalu melakukan briefing dan memberikan motivasi kepada semua guru, karyawan untuk selalu memberikan layanan anak sesuai dengan kebutuhan dalam pendidikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pihak sekolah telah memberikan hak-hak kepada anak, memberikan sarana prasarana yang memadai, dan pihak sekolah mendukung penuh penerapan program sekolah ramah anak agar anak lebih nyaman dan aman dan menjadikan sekolah ini menjadi contoh dalam penerapan sekolah ramah anak.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DIVA AFRI MULYA
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:53
Last Modified: 15 Apr 2019 02:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7760

Actions (login required)

View Item View Item