Kurniawan, Bayu (2025) PENGEMBANGAN HANDBOOK PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS JAMBI. S1 thesis, Bimbingan dan Konseling.
![]() |
Text
SKRIPSI BAYU KURNIAWAN_A1E121011.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (418kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (372kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya penggunaan kecerdasan buatan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang kepenulisan. Kecerdasan buatan menawarkan berbagai kemudahan, seperti peringkasan teks, pengecekan tata bahasa, pengutipan otomatis, dan analisis data. Namun, pemanfaatan kecerdasan buatan dalam penulisan ilmiah masih menghadapi kendala, seperti kurangnya informasi mengenai penggunaan kecerdasan buatan dalam bentuk cetak atau panduan yang jelas bagi penggunaannya dalam konteks akademik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Handbook yang dapat membantu mahasiswa dalam menggunakan kecerdasan buatan secara optimal. Proses pengembangan Handbook dilakukan melalui empat tahapan, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, validasi dan revisi produk, serta uji coba terbatas. Studi pendahuluan dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dengan mahasiswa untuk mengidentifikasi kebutuhan lapangan terkait penggunaan kecerdasan buatan dalam penulisan karya ilmiah. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan tersebut, Handbook mulai dikembangkan dan disusun sesuai dengan standar penulisan akademik. Setelah produk selesai disusun, dilakukan proses validasi untuk menilai kelayakan isi dan desain. Validasi dilakukan oleh tiga pihak, yaitu ahli materi, ahli media, dan praktisi. Validasi oleh ahli materi menghasilkan skor kelayakan sebesar 90%, yang menunjukkan bahwa isi Handbook telah sesuai dengan prinsip-prinsip keilmuan dan kebutuhan akademik. Validasi oleh ahli media memberikan skor 100%, yang menunjukkan bahwa tampilan, struktur, dan penyajian visual Handbook sangat layak digunakan. Sementara itu, validasi oleh praktisi memperoleh skor 92%, yang menunjukkan bahwa produk ini dinilai relevan dan aplikatif dalam konteks panduan penulisan karya ilmiah. Setelah dilakukan revisi sesuai masukan para ahli, Handbook diuji coba secara terbatas kepada 63 mahasiswa Bimbingan dan Konseling dan memperoleh skor kelayakan sebesar 82%, yang termasuk dalam kategori layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | KURNIAWAN |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:00 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77609 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |