STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS YANG KONDUSIF DISEKOLAH DASA

DEVA, ICHSAN (2019) STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS YANG KONDUSIF DISEKOLAH DASA. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (19kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (6kB)

Abstract

ABSTRAK Deva, Refwan Ichsan. 2019. Strategi Guru dalam Mengelola Kelas yang Kondusif di Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.pd. Kata Kunci : Strategi, Guru, Pengelolaan Kelas Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Guru dalam Mengelola Kelas yang Kondusif di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Falah Jambi pada pertengahan November 2018 hingga bulan Januari 2019. Data dari Penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Guru kelas yang hasilnya sebagai data pendukung dari sumber utama, serta observasi mengenai pengelolaan kelas. Setelah dilakukan pengumpulan data kemudian dilakukan terhadap instrumen tersebut secara kualitatif. Hasil Penelitian ini menunjukkan tentang Strategi guru dalam mengelola kelas yang kondusif di Sekolah Dasar bahwa wali kelas VI E dalam pengelola kelas sudah kondusif hal ini dibuktikan dengan keadaan ruangan kelas yang tertata dengan baik dan rapi. Dengan membuat kelas penuh dengan karya siswa dan mengutamakan keaktifan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung, Menggunakan pendekatan keterampilan dalam pembelajaran agar siswa bisa menguasai keterampilan dalam mengelola kelas, melakukan rolling tempat duduk siswa, adapun media pembelajaran ialah dari keterampilan siswa dengan arahan dari guru agar siswa bisa menghargai hasil ketrampilan mereka dan ikut menjaga keindahan kelas. Untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak mengganggu saat proses pembelajaran jendala tetap dibuka dan fentilasi udara selalu dibersihkan setiap hari, Hukuman yang diberikan kepada siswa yaitu meminta siswa untuk menyalin Al-Qur’an di samping mereka hafal Al-Qur’an juga melatih tulisan arab siswa, Jika terjadi kendala dalam proses pembelajaran maka akan dilakukan evaluasi kembali dimana pembelajaran yang kurang. Adapun faktor pendukung terhadap strategi guru dalam mengelola kelas yang kondusif wali kelas VI E adalah lulusan dari sarjana pertanian melalui Akta IV bisa mengajar di SD Islam Al-Falah. Selain itu, wali kelas VI E bisa menata tanaman di luar kelas dengan indah serta tumbuh dengan subur menerapkan ilmu yang di dapat dari gelar sarjana pertanian. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar guru kelas lebih meningkatkan kompetensi dan kemampuan didalam melaksanakan strategi mengelola kelas yang kondusif serta mengetahui secara mendalam pelaksanaan strategi guru dalam mengelola kelas yang kondusif agar siswa-siswa lebih optimal didalam menerima materi pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ICHSAN REFWAN DEVA
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:07
Last Modified: 15 Apr 2019 02:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item View Item