Sitohang, Ludwig Syarif (2025) STRATEGI KAMPANYE POLITIK PARTAI BURUH SEBAGAI PARTAI POLITIK BARU DALAM MENGHADAPI PEMILIHAN UMUM DI PROVINSI JAMBI TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (905kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan_.pdf Download (483kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Strategi kampanye politik yang diterapkan oleh Partai Buruh serta faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan Partai Buruh dalam memperoleh suara pemilih pada pemilu legislatif tahun 2024 di Provinsi Jambi. Adapun teori yang digunakan pada penelitian ini menggunakan teori marketing politik 4P oleh Firmanzah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam memperolah data dan informasi, peneliti melakukan wawancara dengan pengurus dan calon legislatif Executive Committee Partai Buruh Provinsi Jambi di masing-masing daerah pemilihan beserta akademisi sekaligus pengamat politik Provinsi Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Executive Committe Partai Buruh Provinsi Jambi belum menerapkan marketing politik secara optimal pada strategi kampanye politiknya yang berujung pada tidak maksimalnya perolehan suara pada pemilu legislatif tahun 2024. Kegagalan Excecutive Committee Partai Buruh Provinsi Jambi pada pemilu legislatif tahun 2024 juga tidak terlepas dari pengaruh faktor internal dan faktor eksternal. Dari faktor internal dapat dilihat langsung dengan absennya sejumlah kandidat calon legislatifnya di semua daerah pemilihan menunjukkan lemahnya pelembagaan Partai Buruh di Provinsi Jambi. Faktor eksternal menunjukkan bahwa metode kampanye politik Partai Buruh di Provinsi Jambi dengan memanfaatkan momentum aksi demonstrasi berdampak terhadap citra Partai Buruh dari respon masyarakat. Untuk menarik perhatian pemilih hingga memperoleh suara publik, Executive Committee Partai Buruh Provinsi Jambi diharapakan mampu mengoptimalkan strategi kampanye politiknya dengan menerapkan dan memperhatikan marketing politik 4P dengan baik. Apabila Executive Committee Partai Buruh membenahi strategi kampanye politiknya maka sangat memungkinkan untuk dapat memperbaiki kegagalan yang terjadi pada pemilu legislatif tahun 2024 di Provinsi Jambi. Kata Kunci : Partai Buruh, Marketing Politik, Pemilu Legislatif, Provinsi Jambi ABTRACT This study aims to analyze the political campaign strategy implemented by the Labor Party and the factors that influence the failure of the Labor Party in gaining votes in the 2024 legislative elections in Jambi Province. The theory used in this study uses the 4P political marketing theory by Firmanzah. This study uses a descriptive qualitative method. Data collection was carried out through observation, interview and documentation techniques. In obtaining data and information, researchers conducted interviews with administrators and legislative candidates for the Jambi Province Labor Party Executive Committee in each electoral district along with academics and political observers from Jambi Province. The results of this study indicate that the Jambi Province Labor Party Executive Committee has not implemented political marketing optimally in its political campaign strategy which resulted in less than optimal vote acquisition in the 2024 legislative elections. The failure of the Jambi Province Labor Party Executive Committee in the 2024 legislative elections is also inseparable from the influence of internal and external factors. From internal factors, it can be seen directly from the absence of a number of legislative candidates in all electoral districts, indicating the weak institutionalization of the Labor Party in Jambi Province. External factors indicate that the Labor Party's political campaign method in Jambi Province by utilizing the momentum of demonstrations has an impact on the Labor Party's image from the public response. To attract voters' attention to gain public votes, the Jambi Province Labor Party Executive Committee is expected to be able to optimize its political campaign strategy by implementing and paying attention to 4P political marketing properly. If the Labor Party Executive Committee fixes its political campaign strategy, it is very possible to be able to fix the failure that occurred in the 2024 legislative elections in Jambi Province. Keywords : Labor Party, Political Marketing, Legislative Election, Jambi Province
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | SITOHANG |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 04:45 |
Last Modified: | 23 Apr 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |