UJI VALIDITAS ISI MODUL PSIKOEDUKASI REGULASI EMOSI DALAM MENCEGAH BULLYING PADA ANDIKPAS LPKA KELAS II MUARA BULIAN JAMBI

Nur Afni, Rika and Iranda, Agung and Eka Saputra, Nofrans (2025) UJI VALIDITAS ISI MODUL PSIKOEDUKASI REGULASI EMOSI DALAM MENCEGAH BULLYING PADA ANDIKPAS LPKA KELAS II MUARA BULIAN JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover_ Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Cover_ Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (243kB)
[img] Text
Abstrack_Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (282kB)
[img] Text
Pengesahan _ Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 1_ Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV_ Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (612kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Rika Nur Afni _ G1C120002.pdf

Download (372kB)
[img] Text
Skripsi_ Rika Nur Afni_ G1C120002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Uji Validitas Isi Modul Psikoedukasi Regulasi Emosi Dalam Mencegah Bullying Pada Andikpas LPKA Kelas II Mura Bulian Jambi 1Rika Nur Afni, 2Agung Iranda, 3Nofrans Eka Saputra 1Program Studi Psikologi, Universitas/ Jambi/17rikanurafni@gmail.com 2Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/ agungiranda@unja.ac.id 3Program Studi Psikologi, Universitas Jambi/ nofransekasaputra@unja.ac.id ABSTRAK LATAR BELAKANG Bullying adalah tindakan agresif yang berdampak negatif bagi korban, pelaku, dan saksi. Kasus bullying tidak hanya terjadi di sekolah tetapi juga di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Regulasi emosi yang rendah menjadi salah satu faktor terjadinya bullying. Oleh karena itu, psikoedukasi regulasi emosi diperlukan untuk meningkatkan keterampilan regulasi emosi dalam mencegah bullying di LPKA Kelas II Muara Bulian, Jambi. TUJUAN Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas isi modul psikoedukasi regulasi emosi dalam mencegah bullying pada Andikpas LPKA Kelas II Muara Bulian, Jambi. METODE Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan uji validitas isi modul menggunakan model 3D (define, design, develop). Data diperoleh melalui prosedur professional judgement dengan pemberian skor oleh para ahli atau validator yang ditentukan secara purposive, yaitu dua psikolog dengan peminatan klinis dan satu psikolog dengan peminatan pendidikan yang berpengalaman. Analisis data dilakukan menggunakan analisis Aiken’s V. HASIL Penelitian ini menunjukkan hasil validasi isi modul dengan rentang skor antara 0,50 – 0,83. Berdasarkan hasil uji validitas, modul Psikoedukasi Regulasi Emosi dinyatakan valid dengan beberapa saran dan perbaikan dari validator. Kriteria penilaian mencakup materi, penyajian, bahasa, dan keterbacaan.. KESIMPULAN DAN SARAN Modul Psikoedukasi Regulasi Emosi untuk mencegah bullying pada Andikpas LPKA Kelas II Muara Bulian, Jambi, dinyatakan valid secara isi. Dengan validitas isi ini, modul diharapkan menjadi media bagi pengguna dalam memberikan psikoedukasi regulasi emosi kepada Andikpas untuk mencegah bullying. Disarankan agar modul ini diterapkan lebih luas di LPKA serta diuji efektivitasnya dalam praktik langsung. Kata Kunci: Validitas isi modul, regulasi emosi,bullying, andikpas Content Validity Test of the Psychoeducation Module on Emotion Regulation for Preventing Bullying Among Juvenile Inmates at Class II LPKA Mura Bulian, Jambi 1Rika Nur Afni, 2Agung Iranda, 3Nofrans Eka Saputra 1Departement of Psychology, Universitas/ Jambi/17rikanurafni@gmail.com 2 Departement of Psychology, Universitas Jambi/ agungiranda@unja.ac.id 3Departement of Psychology , Universitas Jambi/ nofransekasaputra@unja.ac.id ABSTRACT BACKGROUND Bullying is an aggressive act that negatively affects victims, perpetrators, and witnesses. It occurs not only in schools but also in Child Special Education Institutions (LPKA). Low emotional regulation contributes to bullying. Therefore, emotional regulation psychoeducation is needed to enhance emotional regulation skills in preventing bullying in LPKA Class II Muara Bulian, Jambi. OBJECTIVE This study aims to assess the content validity of the Emotional Regulation Psychoeducation Module for preventing bullying in LPKA Class II Muara Bulian, Jambi. METODH This study employed a quantitative approach, utilizing the 3D model (define, design, develop) for content validity testing of the module. Data were obtained through a professional judgment procedure, in which expert or validator ratings were collected purposively from two psychologists specializing in clinical psychology and one psychologist specializing in educational psychology, all of whom have relevant experience. Data analysis was conducted using Aiken’s V formula.. RESULT The module content validation results show scores ranging from 0.50 to 0.83. Based on the validity test, the module is considered valid with suggestions for improvement. The criteria were assessed based on material, presentation, language, and readability. CONCLUSION AND SUGGESTION The module has been declared valid in terms of content and is expected to be a useful tool for providing emotional regulation psychoeducation to juvenile inmates. It is recommended for wider implementation in LPKA and further testing for effectiveness in practice. Keyword: Content validity of the module, emotional regulation, bullying, Juvenile inmates

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Afni
Date Deposited: 23 Apr 2025 08:25
Last Modified: 23 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77745

Actions (login required)

View Item View Item