ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fitri, Adila (2019) ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (174kB)
[img] Text
daftar isi ya.pdf

Download (172kB)
[img] Text
IMG_20190412_0005.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fitri, Adila. 2019. Analisis Gaya Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, M.Pd. Kata Kunci: Gaya Belajar, Muatan Pembelajaran IPA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecenderungan gaya belajar yang dimiliki peserta didik di kelas IV SD Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2019 pada muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al-Falah Kota Jambi pada Desember 2018. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket gaya belajar kepada peserta didik (sebagai data utama). Setelah angket diberikan kepada peserta didik dan hasil dari angket telah didapatkan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran IPA peserta didik lebih cenderung menggunakan gaya belajar visual. Jumlah peserta didik yang memiliki gaya belajar visual yaitu 48 peserta didik dari jumlah keseluruhan ialah 71 peserta didik. Persentase dari gaya belajar visual adalah 67,60%. Peserta didik yang memiliki gaya belajar audiovisual berjumlah 21 peserta didik dan persentase yang diperoleh ialah 29,58% dan terdapat 2 peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik dengan persentase 2,82%. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru dapat menggunakan strategi belajar yang sesuai dengan cara belajar dari setiap peserta didik. Disamping itu pula dengan mengetahui gaya belajar, pesrta didik dapat menerima dan memahami pembelajaran dengan cara yang disukai oleh peserta didik. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaran tercapai.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: ADILA FITRI
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:44
Last Modified: 15 Apr 2019 04:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7781

Actions (login required)

View Item View Item