Amira, Suci (2025) Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat Online (SiKesal) Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) ABSTRACT.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (574kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) LEMBAR SAMPUL.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) BAB IV.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
(SUCI AMIRA) BAB IV.pdf Download (16kB) |
Abstract
Aplikasi Sistem Informasi Keluhan Online Masyarakat Kota Jambi (SiKesal) merupakan inovasi sebagai bagian dari program smart city yang bertujuan mempercepat pelayanan publik dan memfasilitasi akses masyarakat dalam menyampaikan keluhan terhadap pelayanan pemerintah. Meski demikian, aplikasi ini belum mencapai tingkat adopsi yang diharapkan, terlihat dari rendahnya jumlah pengguna aktif. Studi kualitatif dengan pendekatan deskriptif ini menggunakan kerangka Technology Acceptance Model (TAM) menurut Fred Davis untuk menganalisis penyebab rendahnya penerimaan pengguna. Metode pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa aplikasi SiKesal belum dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Kota Jambi karena beberapa faktor. Dari perspektif kegunaan (perceived usefulness), aplikasi ini dinilai belum efektif dalam menampung dan menangani keluhan masyarakat. Banyak pengguna merasa tidak puas dengan kecepatan tanggapan pemerintah atas laporan yang disampaikan. Meskipun aplikasi ini mempermudah proses penyampaian dan penanganan keluhan serta berpotensi meningkatkan produktivitas, fungsi pemberian respons tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dari segi kemudahan penggunaan (perceived ease of use), SiKesal cukup mudah dipelajari bagi mereka yang familiar dengan aplikasi smartphone, namun menjadi tantangan bagi sebagian masyarakat akibat minimnya sosialisasi dari pemerintah. Masalah lain yang teridentifikasi adalah navigasi antarmuka yang sering bermasalah dan tidak adanya dukungan teknis bagi pengguna yang mengalami kesulitan. Tantangan utama implementasi SiKesal meliputi aksesibilitas perangkat, kualitas layanan yang belum optimal, strategi sosialisasi yang kurang efektif, dan keterbatasan sumber daya manusia khususnya pada admin aplikasi. Meski relevan dengan kondisi demografis dan teknologi saat ini, berbagai kendala tersebut menjadi penyebab utama rendahnya tingkat adopsi di masyarakat.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | AMIRA |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 01:02 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 01:02 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |