Firman, Rido and Hidayat, M and Kurniawan, Wawan Website Berbasis HTML5: Materi Temperatur dan Kalor. Jurnal Teknologi Pendidikan. (Submitted)
Text
Cover.pdf Download (22kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (2MB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (92kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (27kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (13kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran seperti website berbasis HTML5 sebagai media pembelajaran materi temperatur dan kalor. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media berbasis website dan untuk mengetahui hasil validasi produk yang dikembangkan. Setiap halaman web yang dibuat memiliki format HTML5. Halaman web juga menyertakan CSS3 dan Javascript. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan kerangka kerja konseptual pembelajaran STEM (Science, Technology, Mathematics, Engineering). Pengembangan produk multimedia website ini menggunakan model pengembangan Bergman dan Moore. Model Bergman dan Moore terdiri dari enam tahapan utama, yaitu: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) produksi, (5) penggabungan, dan (6) validasi. Instrumen penelitian berupa angket dengan skala liekert. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif yang berasal dari skor jawaban angket dan data kualitatif berasal dari catatan pada proses validasi ahli. Tahap analisis menentukan kebutuhan dan karakter media yang dikembangkan. Karakteristik produk yang dikembangkan, yaitu: 1. Akses teknologi yang mudah oleh pengembang dan pengguna; 2. Waktu akses yang cepat, bebas waktu, dan bebas tempat; 3. Biaya murah dalam pengembangan dan akses oleh pengguna; 4. Menyesuaikan dengan karakter pengguna; 5. Pemanfaatan yang maksimal untuk pendidikan. Desain halaman dan konten menggunakan Flat Design. Desain halaman yang dibuat dikembangkan menjadi flowchart, dan storyboard. Media yang akan diproduksi adalah gambar, simulasi, animasi, video, dan teks. Media-media yang dibuat digabungkan ke dalam halaman web yang kemudian dilakukan uji coba, dan dilakukan perbaikan. Produk hasil pengembangan diklasifikasikan baik berdasarkan skor jawaban angket setelah melalui proses validasi ahli. Setiap tahap pengembangan memanfaatkan produk hasil penelitian terdahulu dan memanfaatkan beberapa perangkat lunak yang berbeda pada proses pengembangan. Produk hasil pengembangan dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran. Langkah-langkah pengembangan produk dapat dimanfaatkan menjadi acuan dalam membuat media sejenis. Langkah pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk menciptakan produk yang lebih baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | Rido Firman |
Date Deposited: | 15 Apr 2019 04:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 04:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7785 |
Actions (login required)
View Item |