ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Oktavia (2019) ANALISIS INSTRUMEN PENILAIAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
BAB I VIA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB V VIA.pdf

Download (40kB)
[img] Text
COVER OKTAVIA RAHMAWATI.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI VIA.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, Oktavia. 2019. Analisis Instrumen Penilaian Pada Pemebelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar.: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universits Jambi, Pembimbing (1) Drs. Maryono, M.Pd dan Pembimbing (II) Panut Setiono, S.Pd, M.Pd Kata kunci : Penilaian, bentuk, instrumen, pembelajaran tematik terpadu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui instrumen yang digunakan di SD Islam Al-Falah Kota Jambi dan mendeskripsikan kesesuaian instrumen berdasarkan standar penilaian dan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas IV H SD Islam Al-falah Kota Jambi.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik analisis isi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumen instrumen penilaian semester 1 kelas IV H. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen yang digunakan harus memenuhi kriteria aspek isi, konstruksi dan bahasa. Pada instrumen kompetensi sikap jurnal harian memperoleh persentase 75% dengan kriteria cukup sesuai. Sementara itu, pada instrumen penilaian harian pengetahuan tema 1 subtema 1, subtema 2, dan subtema 3 memperoleh persentase 84,09%, 81,81%, dan 77,27% dengan kriteria sesuai, sesuai dan cukup sesuai, selanjutnya tema 2 subtema1, subtema 2, dan subtema 3 memperoleh persentase 77,27%, 84,09%, dan 77,27% dengan kriteria cukup sesuai, sesuai dan cukup sesuai. Sementara itu, penilaian harian tema 3 subtema 1, subtema 2, dan subtema 3, masing-masing memperoleh persentase sama yaitu 77,27% dengan kriteria cukup sesuai. Sedangkan tema 4 subtema 1, subtema 2, subtema 3 masing-masing memperoleh persentase 77,27% dengan kriteria cukup sesuai . Sementara itu penilaian tengah semester tema 1 dan tema 2 adalah 84,37% dan 92,18% dengan kriteria sesuai dan sangat sesuai Sedangkan instrumen penilaian akhir semester tema 3 , tema 4, dan tema 5 adalah 90,62%, 76,56%, 90,62% dengan kriteria sangat sesuai, cukup sesuai dan sangat sesuai. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa instrumen sikap yaitu jurnal cukup sesuai dengan standar penilaian dan layak digunakan, Sementara itu, instrumen penegtahuan dan instrumen keterampilan yang dibuat sudah sesuai dengan standar penilaian dan kompetensi inti dan kompetensi dasar

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: OKTAVIA RAHMAWATI
Date Deposited: 18 Apr 2019 01:28
Last Modified: 18 Apr 2019 01:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7786

Actions (login required)

View Item View Item