IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

Fionita, Winda (2025) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERDASARKAN SISTEM ZONASI DI SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan & Persetujuan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Winda Fionita_Skripsi Full.pdf

Download (8MB)
Official URL: https://repository.unj.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru berdasarkan sistem zonasi dengan melihat dari segi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kemudian mengetahui kendala yang dihadapi dan dampak yang dirasakan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini ada 11 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Berdasarkan Sistem Zonasi di SMA Negeri 1 Muaro Jambi telah berjalan sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Pelaksanaan PPDB dilakukan melalui sistem online, dengan melalui empat jalur pendaftaran yaitu jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan perpindahan tugas orang tua. Pengimplementasian PPDB pada jalur zonasi di SMA Negeri 1 Muaro Jambi belum terlaksana secara optimal, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya, karena masih terdapat beberapa kendala yang masih menghambat pengimplementasiannya. Kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pemahaman siswa dan orang tua pada pendaftaran jalur zonasi ini, serta adanya kendala teknis seperti gangguan pada website pendaftaran, dan jaringan internet. Penerapan PPDB berbasis zonasi ini membawa dampak positif dan negatif. Dampak positifnya antara lain mempermudah akses pendidikan bagi siswa yang berdomisili dekat sekolah dan mengurangi beban biaya transportasi. Namun, terdapat pula dampak negatif seperti ketidakpuasan masyarakat akibat keterbatasan daya tampung, serta masalah teknis dalam pendaftaran online. Selain itu, sistem zonasi terkadang dinilai kurang mengakomodasi siswa berprestasi yang jaraknya jauh dari sekolah tujuan. Meskipun berbagai kendala ditemukan, pihak sekolah terus berupaya memperbaiki sistem dan meningkatkan sosialisasi agar implementasi PPDB berbasis zonasi ke depannya dapat berjalan lebih efektif, transparan, dan adil, serta sesuai dengan prinsip penerimaan peserta didik baru yaitu objektifitas, transparansi, akuntabilitas, dan non diskriminasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Penerimaan Peserta Didik Baru, Zonasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: WINDA FIONITA
Date Deposited: 30 Apr 2025 07:00
Last Modified: 30 Apr 2025 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77884

Actions (login required)

View Item View Item