Zuhdi, Sayfudin (2025) Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif Kelas 2 Semester I di SDIT Nurul 'Ilmi Jambi. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
TESIS Sayfudin Zuhdi PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER PDF .pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
COVER PDF .pdf Download (48kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN PDF .pdf Download (112kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
BAB I PDF.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
BAB V PDF.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK Zuhdi, Sayfudim. 2025. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif Kelas 2 di SDIT Nurul Ilmi Jambi. Tesis. Pasca Sarjana, Jurusan Magister Pendidikan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Prof. Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D.. (2) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan Untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar Bahasa arab berbasis multimedia interaktif, untuk mengetahui Tingkat validitas pengembangan Bahan Ajar Bahasa arab berbasis multimedia interaktif dan untuk mengetahui Tingkat praktikalitas pengembangan Bahan Ajar Bahasa arab berbasis multimedia interaktif pada peserta didik kelas 2A SDIT Nurul Ilmi Jambi . Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas 2 SDIT Nurul Ilmi Jambi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penilaian validitas diperoleh melalui hasil angket validasi yang dinilai oleh validator yakni ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji coba validasi dari penilaian, penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid, ahli desain mendapatkan rata-rata sebesar 92,5% dengan kategori sangat valid serta penilaian dari ahli bahasa mendapatkan rata-rata sebesar 80% dengan kategori sangat valid. Penilaian praktikalitas diperoleh dari dari respon pendidik mendapat rata-rata sebesar 95% dengan kategori sangat praktis dan penilaian pada uji coba kelompok kecil dilihat dari keterbacaan produk peserta didik yang telah dikembangkan dan mendapatkan ratarata 92,85% serta penilaian dari penilaian respon pada uji coba kelompok besar mendapatkan rata-rata 95,60% dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Multimedia Interaktif Kelas 2 di SDIT Nurul Ilmi Jambi secara keseluruhan layak digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Kata Kunci: Bahan Ajar Bahasa Arab, Multimedia Interaktif,, Kelas 2 SDIT Nurul Ilmi Jambi.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Arab , Multimedia Interaktif, SDIT Nurul 'Ilmi Jambi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | SAYFUDIN ZUHDI |
Date Deposited: | 02 May 2025 06:14 |
Last Modified: | 02 May 2025 06:14 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/77931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |