Studi Kualitatif Internalisasi Nilai Kewirausahaan dalam Pembelajaran Sekolah Vokasi Di SMKN PP (Pertanian Pembangunan) Batang Hari

Siregar, Ellen Sabathini (2025) Studi Kualitatif Internalisasi Nilai Kewirausahaan dalam Pembelajaran Sekolah Vokasi Di SMKN PP (Pertanian Pembangunan) Batang Hari. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (8kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam pembelajaran sekolah vokasi, internalisasi nilai kewirausahaan merupakan aspek penting dalam membentuk lulusan yang siap menghadapi dunia usaha dan industri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis internalisasi nilai kewirausahaan dalam pembelajaran sekolah vokasi di SMKN PP Batang Hari. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai pendekatan dilakukan untuk menginternalisasikan nilai kewirausahaan yaitu melalui pembelajaran berbasis pengalaman, seperti simulasi bisnis, pembelajaran berbasis proyek, dan bimbingan mentor industri. siswa dalam menjalankan proyek kewirausahaan dilatih untuk mengembangkan kreativitas, inovatif, dan kemandirian. Penelitian ini juga menemukan bahwa kerja sama tim sangat berperan penting untuk membentuk karakter wirausaha yang tangguh. Praktik di lapangan menunjukkan bahwa keberhasilan usaha juga bergantung pada kerja tim yang efektif, meskipun teori kewirausahaan lebih banyak membahas aspek individu seperti kreativitas dan inovasi. Namun, dalam implementasi pembelajaran kewirausahaan, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi, seperti kurangnya keterlibatan aktif siswa, serta perlunya peningkatan kerja sama dengan dunia industri. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan kolaborasi antara sekolah, dunia usaha, dan pemerintah dalam memperkuat ekosistem kewirausahaan di lingkungan sekolah vokasi.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Kewirausahaan, Pembelajaran Vokasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ELLEN SABATHINI SIREGAR
Date Deposited: 08 May 2025 02:00
Last Modified: 08 May 2025 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78121

Actions (login required)

View Item View Item