Anggraini, Novita Meisa (2025) Pengaruh Literasi Digital dan Soft Skill Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Era Society 5.0 Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (868kB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kesiapan yang optimal pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi untuk menjadi guru di era society 5.0. Beberapa mahasiswa merasa sudah mampu menggunakan teknologi secara kritis, namun masih banyak yang kurang percaya diri terhadap soft skill yang mereka miliki. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital dan soft skill terhadap kesiapan menjadi guru era society 5.0 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi, Maret 2025. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi dengan sampel sebanyak 80 mahasiswa. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner selanjutnya dioleh dengan analisis deskriptif, uji normalitas, uji prasyarat analisis, uji regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital dan soft skill mempengaruhi kesiapan menjadi guru era society 5.0 pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2021 Universitas Jambi. Hal tersebut ditunjukkan dengan (1) terdapat pengaruh literasi digital terhadap kesiapan menjadi guru, dengan nilai thitung > ttabel yaitu 7,467 > 1,990. (2) terdapat pengaruh soft skill terhadap kesiapan menjadi guru, dengan nilai thitung > ttabel yaitu 8,472 > 1,990. (3) terdapat pengaruh literasi digital dan soft skill terhadap kesiapan menjadi guru, hal tersebut dibuktikan melalui uji F, Fhitung > Ftabel yaitu 43,581 > 3,12 dan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,531 atau 53,1%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa literasi digital dan soft skill merupakan keahlian dan keterampilan yang perlu dimiliki mahasiswa untuk menjadi guru, dan juga dengan adanya literasi digital dan soft skill yang baik dapat membantu mahasiswa calon guru dalam mengadapi tantangan dunia Pendidikan di masa mendatang terutama tantangan Pendidikan di era society 5.0.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Digital, Soft Skill, Kesiapan Menjadi Guru, Society 5.0 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | NOVITA MEISA ANGGRAINI |
Date Deposited: | 08 May 2025 01:34 |
Last Modified: | 08 May 2025 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78123 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |