Isratulhasanah, Puji (2025) MOTIVASI GURU PENGGERAK MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN BERDASARKAN MODEL UTAUT 2 DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (437kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (192kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi guru penggerak menggunakan aplikasi Canva dalam merancang media pembelajaran yang ditinjau berdasarkan model UTAUT 2. Proses peninjauan ini melalui enam aspek meliputi harapan kinerja (performance expectancy), harapan usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence), fasilitas yang mendukung (facilitating conditions), motivasi hedonis (hedonic motivation), dan nilai harga (price value) Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi yang dilakukan di SD Islam Al-Falah Jambi pada semester genap Tahun Ajaran 2024/2025. Subjek penelitian ini adalah guru penggerak di SD Islam Al-Falah Jambi. Data dikumpulkan melalui tahap wawancara dan analisis studi dokumentasi yang diuji kevalidan dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model UTAUT 2 dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai faktor-faktor yang memengaruhi motivasi guru penggerak dalam menggunakan aplikasi Canva untuk merancang media pembelajaran di Sekolah Dasar. Adopsi penerapan model UTAUT 2 dalam memahami motivasi guru penggerak menggunakan aplikasi Canva dalam merancang media pembelajaran menunjukkan bahwa guru penggerak merasakan kemudahan dan kebermanafaatan aplikasi Canva sehingga mendorong guru penggerak untuk mengintegrasikannya dalam merancang media pembelajaran. Aplikasi Canva memberikan kontribusi signifikan terhadap proses pembelajaran melalui penciptaan media pembelajaran berkualitas yang visual dan menarik sehingga meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan pemahaman materi ajar. Hal ini mengindikasikan peran aplikasi Canva sebagai alat dalam merancang media pembelajaran di sekolah dasar dan pemicu motivasi bagi guru penggerak. Efektivitas aplikasi Canva mendukung penciptaan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan interaktif, yang sesuai dengan tuntutan pendidikan masa kini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model UTAUT 2 secara kolektif mendorong motivasi guru penggerak dalam adopsi dan penggunaan berkelanjutan aplikasi Canva untuk merancang media pembelajaran. This research aims to describe the motivation of mobilizing teachers in using the Canva application to design learning media, examined based on the UTAUT 2 model. This review process encompasses six aspects including Performance expectancy, Effort expectancy, social influence, facilitating conditions, hedonic motivation, and price value. This research was conducted using a qualitative phenomenological approach at Al-Falah Islamic Elementary School in Jambi during the even semester of the 2024/2025 Academic Year. The research subjects were mobilizing teachers at Al-Falah Islamic Elementary School in Jambi. Data was collected through interviews and documentation study analysis, with validity and reliability tested using source triangulation. The research results show that the application of the UTAUT 2 model can provide a deep understanding of factors influencing the motivation of mobilizing teachers in using the Canva application to design learning media in Elementary Schools. The adoption of the UTAUT 2 model in understanding the motivation of mobilizing teachers using the Canva application in designing learning media shows that mobilizing teachers experience ease and benefits from the Canva application, thus encouraging them to integrate it in designing learning media. The Canva application makes a significant contribution to the learning process through the creation of quality visual and engaging learning media that increases students' learning motivation and understanding of teaching materials. This indicates the role of the Canva application as a tool in designing learning media in elementary schools and as a motivational trigger for mobilizing teachers. The effectiveness of the Canva application supports the creation of a more dynamic and interactive learning environment, which aligns with the demands of modern education. From the research results, it can be concluded that the UTAUT 2 model collectively encourages the motivation of mobilizing teachers in the adoption and continued use of the Canva application for designing learning media
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Guru Penggerak, Canva, UTAUT 2 |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | PUJI ISRATUL HASANAH |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:44 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:44 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78144 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |