Bafadhal, Mutia Hanifah (2025) ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA FASE D DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIK FRY DI SMP NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Bab I .pdf Download (231kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf Download (221kB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (205kB) |
![]() |
Text
Daftar Rujukan .pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
COVER JUDUL SKRIPSI MUTIA.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
Skripsi Lengkap Mutia Hanifah Bafadhal.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Skripsi Lengkap Mutia Hanifah Bafadhal.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Tahap D di SMP Negeri 12 Kota Jambi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian bersumber dari buku teks Bahasa Indonesia Tahap D di SMP Negeri 12 Kota Jambi, dan pengumpulan data dilakukan dengan metode telaah teks. Peneliti membaca dan memahami isi buku atau bacaan yaitu wacana, kemudian menuliskannya dalam bentuk laporan. Analisis keterbacaan dilakukan dengan menghitung jumlah kalimat dan suku kata dalam 100 kata pada teks terpilih dengan menggunakan Grafik Fry. Hasil penelitian menunjukkan dari delapan teks yang dianalisis hanya 38% yang sesuai dengan tingkat keterbacaan yang diharapkan untuk siswa kelas 7. Tiga teks tergolong terlalu mudah, sedangkan dua teks lainnya tergolong terlalu sukar. Hal ini menunjukkan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas 7 dalam Kurikulum Merdeka belum sepenuhnya memenuhi tingkat keterbacaan yang disyaratkan untuk siswa kelas 7. This study aims to analyze the readability level of Indonesian Language textbooks Phase D at SMP Negeri 12 Jambi City using a qualitative descriptive method. The research data comes from the Indonesian Language textbook Phase D at SMP Negeri 12 Jambi City, and data collection was carried out using the text study method. The researcher read and understood the contents of the book or reading, namely discourse, then wrote it down in a report. Readability analysis was carried out by counting the number of sentences and syllables in 100 words in the selected text using the Fry Graph. The results showed that of the eight texts analyzed, only 38% were in accordance with the expected readability level for grade 7 students. Three texts were classified as too easy, while the other two were too difficult. This shows that the grade 7 Indonesian Language textbook in the Merdeka Curriculum has not fully met the readability level required by grade 7 students.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Readability, Fry Graph, Indonesian Language textbook, Discourse |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Bafadhal |
Date Deposited: | 15 May 2025 04:10 |
Last Modified: | 15 May 2025 04:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78341 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |