Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Dimensi Bernalar Kritis dengan Model Project Based Learning

Utrina, Annisa (2025) Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Dimensi Bernalar Kritis dengan Model Project Based Learning. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (745kB)
[img] Text
cover dan judul.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (303kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (185kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis karya ilmiah menggunakan dimensi bernalar kritis dengan model project based learning di SMAN 2 Sungai Penuh. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bernalar kritis pada peserta didik sehingga akan kurang mampu untuk mengajukan pertanyaan, tidak aktif dalam berdiskusi, sulit menganalisis permasalahan secara kritis, sulit menganalisis informasi dari berbagai sumber, sulit mencari solusi dan mengambil keputusan serta menyampaikan pemikirannya dan memikirkan pandangan yang mungkin berlawanan dengan pemikirannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dijelaskan secara deskriptif. Data diperoleh dari SMAN 2 Sungai penuh, dimana peneliti melakukan observasi, studi dokumentasi, wawancara. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran menulis karya ilmiah menggunakan dimensi Bernalar kritis dengan model project based learning terlaksana sesuai dengan modul ajar yang telah guru persiapkan, indikator bernalar kritis, dan sesuai dengan Langkah-langkah model project based learning yaitu menentukan pertanyaan esensial, mendesain perencanaan proyek, memonitor pelaksanaan proyek, melakukan penilaain, evaluasi dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Karya Ilmiah, Bernalar Kritis, PjBL
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: ANNISA UTRINA
Date Deposited: 19 May 2025 07:06
Last Modified: 19 May 2025 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78438

Actions (login required)

View Item View Item