misastri, mia (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION(TAI)DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KOMPETENSI BILANGAN KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI GAMBAR, TABLE, LAMPIRAN.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB I-dikonversi.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
WhatsApp Image 2019-04-16 at 09.04.49 (1)-dikonversi.pdf Download (95kB) |
Abstract
Misastri, M. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Kompetensi BilanganKelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I. Dr.Yantoro, M.Pd. Pembimbing II. Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Masalah rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik terjadi pada kelas IV B SDN No. 64/1 Muara Bulian setelah melakukan observasi dan kolaborasi dengan guru kelas. Berdasarkan penjelasan guru kelas peserta didik masih bingung ketika diberi soal dan tidak mengerjakan karna tidak paham konsep matematika yang di ajarkan. Peserta didik tidak ada yang bertanya kepada guru ketika tidak paham konsep matematika yang diajarkan. Sehingga ketika guru memberi soal banyak peserta didik yang tidak yang tidak bisa mengerjakan dan nilai hasil belajar peserta didik pun rendah yang mengindikasikan bahwa pemahaman konsep matematika peserta didik rendah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika kompetensi bilangan menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)pada kelas IV B SDN No. 64/1 Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas bagaimana cara guru meningkatkan pemahaman konsep matematika kompetensi bilangan menggunakan model pembelajaranTeam Assisted Individualization (TAI)pada kelas IV B SDN No. 64/1 Muara Bulian. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara, dan menguji pemahaman konsep matematika peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B yang berjumlah 18 orang, dimana 8 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan persentase pemahaman konsepmatematika peserta didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I diperoleh prestasi keberhasilan pemahaman konsep matematika peserta didik di kelas IV B SDN No. 64/1 Muara Bulian yaitu 60,35% dengan predikat cukup (C). Pada siklus II hasilnya meningkat menjadi 84,86% dengan predikat baik (B). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) memiliki peran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika kompetensi bilangan peserta didik kelas IV B SDN No. 64/1 Muara Bulian.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | MIA MISASTRI |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 01:05 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 01:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7846 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |