Putri, Maya Amelia (2019) Analisis Kemampuan Metakognisi Anak Usia SD. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
Halaman pengesahan.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
daftar isi.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB_I[1]-dikonversi.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB_V[1].pdf Download (150kB) |
Abstract
ABSTRAK Putri, Amelia Maya. 2019. Analisis Kemampuan Metakognisi Anak Usia SD: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi, S.Pd,. M.Pd.I. (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan metakognisi, anak usia SD Permasalahan dalam penelitian ini yaitu peserta didik tidak memahami kemampuan yang dimilikinya, hal itu terlihat ketika mereka sudah mampu berpikir, bertanya dan mencoba dalam suatu proses pembelajaran, tetapi tidak mengerti bahwa kegiatan itu merupakan kegiatan dasar dalam berkemampuan metakognisi pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi yang dimiliki oleh anak usia SD serta jenjang atau tigkatan kemampuan metakognisi yang dimiliki peserta didik kelas VA SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah mix method yang terdiri dari dua penelitian sekaligus yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh didapat dari hasil tes uraian yang diberikan kepada peserta didik, dilanjutkan dengan observasi yang dilakukan untuk melihat proses kegiatan pembelajaran yang dilakukan serta hasil wawancara dengan peserta didik (sebagai data penunjang). Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi yang dimiliki oleh peserta didik kelas VA SD IT Ahmad Dahlan sudah dapat dikategorikan baik, ditinjau dari 2 komponen pengetahuan metakognisi yaitu pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian dari data kuantitatif dan data kualitatif menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi anak usia SD dalam kategori berkemampuan metakognisi 5 atau 22% peserta didik yang mendapatkan nilai kurang (K) , 11 atau 48% peserta didik yang mendapatkan nilai cukup (C), 5 atau 22% peserta didik yang mendapatkan nilai baik (B) dan 2 atau 9% peserta didik mendapatkan nilai sangat baik (A). dan tingkat atau jenjang metakognisi yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik di kelas VA SD IT Ahmad Dahlan Kota Jambi adalah 6 atau 26 % peserta didik berada pada tingkat atau jenjang metakognisi Aware Use, 9 atau 39% peserta didik berada pada tingkat atau jenjang metakognisi Semistrategi Use, dan 8 atau 35% peserta didik berada pada tingkat atau jenjang metakognisi Strategi Use. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peserta didik kelas VA berkemampuan metakognisi kategori baik dan berada pada jenjang atau tingkatan metakognisi Aware Use, Semistrategi Use dan Strategi Use.. disarankan agar kepala sekolah dan guru mampu bekerja sama dalam memperhatikan sarana dan prasarana yang ada di sekolah dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan metakognisi yang telah dimiliki oleh masing-masing peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | MAYA AMELIA PUTRI |
Date Deposited: | 16 Apr 2019 08:34 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 08:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |