PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR

SARI, REMA MELA (2025) PENGEMBANGAN MODUL AJAR TERINTEGRASI STEAM-PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PADA MATERI SUHU DAN KALOR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (70kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (312kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text
01. SKRIPSI Rema Mela Sari_A1C21009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, penting untuk mengembangkan modul ajar yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada peningkatan keterampilan abad 21, seperti komunikasi. Namun, dalam praktiknya, modul ajar yang digunakan di sekolah masih lebih banyak berfokus pada aspek kognitif, seperti pemahaman konsep dan teori saja, dibandingkan dengan pengembangan keterampilan abad ke-21 khususnya keterampilan komunikasi. Untuk lebih mengoptimalkan efektivitas modul ajar dalam pembelajaran pemilihan pendekatan dan model hal penting, diantaranya yaitu menggunakan pendekatan STEAM dan model PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menilai kelayakan serta persepsi peserta didik terhadap modul ajar terintegrasi pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dan model Project Based Learning (PjBL) guna meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi suhu dan kalor. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate), namun hanya dilakukan sampai tahap Develop. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket validasi serta persepsi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI F8 di SMA Negeri 1 Kota Jambi. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar tergolong sangat valid dan layak digunakan, dengan skor validasi dari ahli materi (96,15% dan 93,07%), ahli media (94% dan 98%), serta ahli modul ajar (97,24% dan 94,48%). Uji persepsi terhadap peserta didik juga menunjukkan respon sangat baik dengan rata-rata skor 85%. Modul ini mendorong peserta didik untuk aktif berdiskusi, mengemukakan pendapat, serta bekerja sama dalam proyek pembuatan termometer sederhana berbasis STEAM. Dengan demikian, modul ajar terintegrasi STEAM-PjBL ini dinyatakan layak sebagai perangkat pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep suhu dan kalor.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul Ajar, STEAM, PjBL, Keterampilan Komunikasi, Suhu dan Kalor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Sari
Date Deposited: 20 May 2025 02:20
Last Modified: 20 May 2025 02:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78472

Actions (login required)

View Item View Item