SAPUTRA, M. RISKI (2025) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI M. RISKI SAPUTRA A1D121121.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (128kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 14/I Sungai Baung pada semester ganjil Tahun Ajaran 2024/2025, subjek penelitian ini kepala sekolah dan guru. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Uji validitas data menggunakan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD, terdapat tiga tahapan yaitu melalui pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang sistematis. Kepala sekolah berperan sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, pemimpin, pencipta iklim kerja yang kondusif, serta wirausahawan. Dalam pengorganisasian, kepala sekolah menyusun program peningkatan kompetensi guru melalui rapat rutin, supervisi akademik, serta pembinaan profesional. Pelaksanaan kepemimpinan diwujudkan dalam pembagian tugas yang jelas, penjadwalan supervisi, serta pengelolaan administrasi sekolah untuk mendukung efektivitas pembelajaran. Evaluasi dilakukan secara berkala melalui supervisi, observasi langsung, serta pemantauan kinerja guru dalam rapat rutin. Sebagai pemimpin, kepala sekolah merumuskan visi dan misi sekolah serta menciptakan iklim kerja yang kondusif dengan meningkatkan fasilitas dan membangun hubungan harmonis antar warga sekolah. Selain itu, kepala sekolah menjalankan peran sebagai wirausahawan dengan mengembangkan program kewirausahaan guna meningkatkan sumber daya sekolah. Faktor pendukung kepemimpinan kepala sekolah meliputi dukungan dari guru, staf, dan orang tua, serta ketersediaan sarana dan pelatihan, sedangkan tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan anggaran, kurangnya sumber daya manusia, dan perubahan kebijakan yang cepat. Untuk mengatasi hambatan tersebut, kepala sekolah menerapkan strategi kepemimpinan yang adaptif dan kolaboratif. Dengan kepemimpinan yang efektif, kinerja guru diharapkan meningkat sehingga berdampak positif pada kualitas pembelajaran di sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru, SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | M. RISKI SAPUTRA |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:26 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78474 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |