Analisis Etika Digital Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi Angkatan 2023

Putri, Aulia Arma (2025) Analisis Etika Digital Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Jambi Angkatan 2023. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (431kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (334kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (704kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi era digital yang memicu terjadinya transformasi besar dalam cara berinteraksi, berkomunikasi, serta mengakses informasi, yang tidak jarang menimbulkan berbagai dampak negatif seperti penyebaran hoax, ujaran kebencian, pornografi, dan tindakan tidak etis lainnya di ruang siber. Etika digital, sebagai komponen penting dalam literasi digital, belum sepenuhnya dipahami dan diterapkan oleh mahasiswa, termasuk oleh calon pendidik seperti mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Jambi. Hasil observasi awal dan wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa masih kurang menyadari pentingnya etika digital, tidak mengetahui langkah yang harus dilakukan terhadap konten negatif, dan bahkan pernah menjadi korban kejahatan siber tanpa tahu cara melindungi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan penerapan etika digital oleh mahasiswa PPKn angkatan 2023 Universitas Jambi serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, penyebaran kuesioner berbasis skala Likert kepada 70 mahasiswa, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber dan teknik, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan menunjukkan adanya perbedaan antara hasil kuesioner yang tergolong baik dengan hasil wawancara yang justru memperlihatkan rendahnya pemahaman dan kepedulian terhadap etika digital. Mahasiswa cenderung kurang tanggap terhadap konten negatif dan tidak memiliki kesadaran akan perlindungan data pribadi serta tanggung jawab bermedia sosial. Faktor utama penyebabnya adalah kurangnya edukasi dan literasi digital yang mendalam. Hasil dari penelitian ini menegaskan perlunya penguatan pendidikan etika digital dalam kurikulum mahasiswa PPKn sebagai upaya membentuk generasi pendidik yang tidak hanya cakap secara akademis, tetapi juga beretika di dunia maya. Mahasiswa sebagai calon agen perubahan harus memiliki integritas dan kesadaran moral dalam menggunakan teknologi digital secara bertanggung jawab. Temuan ini diharapkan memberikan kontribusi keilmuan, menjadi acuan praktis bagi institusi pendidikan, serta mendorong pengembangan kebijakan dan program pembelajaran yang relevan guna meningkatkan literasi dan etika digital mahasiswa. Penelitian ini juga membuka peluang penelitian lanjutan untuk mengembangkan model pembelajaran etika digital yang lebih aplikatif dan kontekstual di lingkungan perguruan tinggi. This research is motivated by the conditions of the digital era that have triggered a major transformation in the way people interact, communicate, and access information, which often have various negative impacts such as the spread of hoaxes, hate speech, pornography, and other unethical actions in cyberspace. Digital ethics, as an important component in digital literacy, has not been fully understood and applied by students, including prospective educators such as Pancasila and Citizenship Education (PPKn) students at Jambi University. The results of initial observations and interviews showed that most students were still less aware of the importance of digital ethics, did not know what steps to take against negative content, and had even been victims of cybercrime without knowing how to protect themselves. This study aims to determine the extent of the understanding and application of digital ethics by PPKn students of the 2023 batch at Jambi University and to identify the factors that influence it. This study uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, distribution of Likert-based questionnaires to 70 students, in-depth interviews, and documentation. The validity of the data was tested through triangulation of sources and techniques, and analyzed using the Miles and Huberman interactive model, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings show a difference between the questionnaire results which are classified as good and the interview results which actually show a low understanding and concern for digital ethics. Students tend to be less responsive to negative content and have no awareness of personal data protection and social media responsibility. The main cause is the lack of in-depth digital education and literacy. The results of this study emphasize the need to strengthen digital ethics education in the PPKn student curriculum as an effort to form a generation of educators who are not only academically competent, but also ethical in cyberspace. Students as prospective agents of change must have integrity and moral awareness in using digital technology responsibly. These findings are expected to provide scientific contributions, become a practical reference for educational institutions, and encourage the development of relevant policies and learning programs to improve students' digital literacy and ethics. This study also opens up opportunities for further research to develop a more applicable and contextual digital ethics learning model in the university environment

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Etika Digital, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan PPKn
Depositing User: Putri
Date Deposited: 27 May 2025 02:20
Last Modified: 27 May 2025 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78501

Actions (login required)

View Item View Item