Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Media Prezi Siswa Kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2024-2025

Sari, Nur Intan Komala Sari and Sofyan, - and Meihan, Andre Mustofa (2025) Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbantuan Media Prezi Siswa Kelas X.A MAN 1 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2024-2025. Tambusai, 9 (1). ISSN 2614-3097

[img] Text
5. LOA ARTIKEL-NUR INTAN KOMALA SARI.pdf

Download (249kB)
Official URL: https://jptam.org/index.php/jptam

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah melalui penerapan model cooperative learning berbantuan media prezi. Latar belakang penelitian ini berfokus pada rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pelajaran sejarah, yang berdampak pada pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan metode dan teknik penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup dua kali pertemuan. Setiap siklus dijalankan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi observasi, kuesioner, catatan harian guru, yang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterlibatan siswa dalam belajar, dari rata-rata sebelum tindakan yang mencapai 51%, menjadi 57% dan 62% pada Siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 71% dan 79% pada Siklus II. Hasil ini melampaui standar keberhasilan yang ditetapkan yakni 75%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif yang dibantu dengan media Prezi terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa pada pelajaran sejarah.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR INTAN KOMALA SARI
Date Deposited: 21 May 2025 01:29
Last Modified: 21 May 2025 01:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78514

Actions (login required)

View Item View Item