ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN E-LKS BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 MUARO JAMBI

Julia, Wela and Bakar, Abu and Muhaimin, Muhaimin ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT BERBANTUAN E-LKS BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 1 MUARO JAMBI. Analisis.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (181kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (416kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Hasil belajar merupakan serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu berinteraksi dengan lingkungannya yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotorik. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah Numbered Heads Together (NHT) berbantuan e-LKS berbasis metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan e-LKS berbasis metakognisi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan mix method (campuran) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi baik dari guru maupun siswa, soal tes essay. Hubungan keterlaksanaan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi oleh guru dan siswa sebesar 68,22% dikategorikan baik dan persentase hasil belajar siswa sebesar 67,51%. Hubungan keterlaknasaan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,55 dan koefisien determinasi 0,3 dikategorikan rendah serta terdapat pengaruh keterlaksanaan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran pada ikatan kimia yang diajarkan dengan model NHT berbantuan e-LKS berbasis metakognisi terlaksana dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Kata kunci : Analisis, Model Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar, Ikatan Kimia

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: WELA JULIA
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:16
Last Modified: 16 Apr 2019 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7857

Actions (login required)

View Item View Item