Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan e-Book Berbasis Metakognisi Pada Materi Ikatan Kimia dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Muaro Jambi

Eka Wardanni, Ultha Windara and Muhaimin, Muhaimin and Bakar, Abu Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan e-Book Berbasis Metakognisi Pada Materi Ikatan Kimia dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Muaro Jambi. ANALISIS.

[img] Text
cover.pdf

Download (33kB)
[img] Text
halpen.pdf

Download (269kB)
[img] Text
dais.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (290kB)

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Dalam kegiatan belajar yang terprogram dan terkontrol yang disebut kegiatan pembelajaran atau kegiatan instruksional. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar tersebut adalah Numbered Heads Together (NHT) berbantuan e-book berbasis metakognisi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Numbered Heads Together (NHT) berbantuan e-book berbasis metakognisi dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada materi Ikatan Kimia Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi baik dari guru maupun siswa, dan soal tes essay. Hubungan keterlaksanaan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi dengan hasil belajar siswa dicari dengan korelasi product moment. Keterlaksanaan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi oleh guru dan siswa sebesar 72,14% dikategorikan baik dan persentase hasil belajar siswa sebesar 65,09%. Hubungan keterlaksanaan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi dengan hasil belajar siswa dikategorikan sedang dengan rxy 0,67. Dengan koefisien determinasinya = r2 = 0,45. Hal ini berarti terdapat pengaruh keterlaksanaan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi sebesar 45% terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran pada ikatan kimia yang diajarkan dengan model NHT berbantuan e-book berbasis metakognisi terlaksana dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Muaro Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: ULTHA WINDARA EKA WARDANNI
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:16
Last Modified: 16 Apr 2019 07:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7858

Actions (login required)

View Item View Item