Meivince Putri, Ceysya (2025) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GEN Z DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
FULL SKRIPSI BARU.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) |
![]() |
Text
COVER BARU.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BARU.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BARU.pdf Download (202kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
Abstract
Media sosial menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi politik gen Z, karena mereka merupakan generasi yang lahir di zaman teknologi dan cenderung mempergunakan media sosial sebagai alat berinteraksi dan bersosialisasi terhadap lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mengidentifikasi dan melnganalisis dinamika penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z; dan 2) dampak penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi. Teori yang digunakan adalah komunikasi politik dan partisipasi politik. Jenis penelitian adalah mix method research dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi memenuhi unsur aspek informasi, berita, pendidikan politik dan komunikasi dua arah, seperti memberikan kemudahan bagi gen Z untuk mengakses segala informasi terkait dengan pelaksanaan pemilihan Presiden dan wakil Presiden. Dampak penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi adalah mampu meningkatkan partisipasi politik gen Z melalui penyebaran informasi, berita tentang isu-isu politik, pendidikan politik dan melakukan interaksi antara gen Z dengan Presiden dan Wakil Presiden. Dari adanya penelitian ini, maka diharapkan kepada pihak penyelenggara maupun peserta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden agar memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dengan gen Z.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Media Sosial, Partisipasi Politik, Gen Z, Pemilihan Presiden |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:20 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78595 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |