OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GEN Z DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 DI KOTA JAMBI

Meivince Putri, Ceysya (2025) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL TERHADAP PARTISIPASI POLITIK GEN Z DALAM PEMILIHAN PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2024 DI KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
FULL SKRIPSI BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
COVER BARU.pdf

Download (191kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN BARU.pdf

Download (10MB)
[img] Text
ABSTRAK BARU.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Media sosial menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan partisipasi politik gen Z, karena mereka merupakan generasi yang lahir di zaman teknologi dan cenderung mempergunakan media sosial sebagai alat berinteraksi dan bersosialisasi terhadap lingkungan. Tujuan penelitian adalah untuk: 1) mengidentifikasi dan melnganalisis dinamika penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z; dan 2) dampak penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi. Teori yang digunakan adalah komunikasi politik dan partisipasi politik. Jenis penelitian adalah mix method research dengan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi memenuhi unsur aspek informasi, berita, pendidikan politik dan komunikasi dua arah, seperti memberikan kemudahan bagi gen Z untuk mengakses segala informasi terkait dengan pelaksanaan pemilihan Presiden dan wakil Presiden. Dampak penggunaan media sosial pada keterlibatan politik gen Z dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024 di Kota Jambi adalah mampu meningkatkan partisipasi politik gen Z melalui penyebaran informasi, berita tentang isu-isu politik, pendidikan politik dan melakukan interaksi antara gen Z dengan Presiden dan Wakil Presiden. Dari adanya penelitian ini, maka diharapkan kepada pihak penyelenggara maupun peserta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden agar memanfaatkan media sosial sebagai sarana berkomunikasi dengan gen Z.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Media Sosial, Partisipasi Politik, Gen Z, Pemilihan Presiden
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Politik
Depositing User: PUTRI
Date Deposited: 22 May 2025 04:20
Last Modified: 22 May 2025 04:20
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78595

Actions (login required)

View Item View Item