MUSLIMIN, MUSLIMIN (2019) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 21 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN M.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (177kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (164kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi Nama : Muslimin NIM : A1E114015 Dosen Pembimbing : Drs. Nelyahardi, M.Pd dan Drs. Asradi, MM Kata kunci : Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal Penelitian ini dilatarbelakangi hasil wawancara dengan guru pembimbing kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi, adanya fenomena lapangan yang menunjukkan siswa tidak percaya diri dan memandang diri negatif serta kekurangmampuan dalam kecakapan berkomunikasi, terutama komunikasi interpersonal. Batasan masalah variabel konsep diri yaitu siswa yang dapat menggambarkan siapa diri seseorang tersebut. Konsep diri pada penelitian ini terkait dengan pengetahuan individu tentang dirinya sendiri dan penilaian individu yang berkaitan dengan dirinya sendiri dan lingkungannya. Sedangkan pada variable Komunikasi interpersonal yaitu komunikasi siswa dengan temannya untuk mencapai komunikasi interpersonal yang positif. Yaitu melakukan persepsi yang cermat dan mengungkapkan petunjuk-petunjuk yang membuat oranglain menafsirkan kita dengan cermat pula. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan konsep diri dan komunikasi interpersonal siswa, serta untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi yang berjumlah 150 orang. Dari jumlah populasi penelitian tersebut, ditentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang berisi 74 item pernyataan untuk semua variable penelitian. Data yang diperolah diolah menggunakan analisis statistic Correlation Pearson Product dengan bantuan aplikasi program computer SPSS Versi 20. Berdasarkan data skor jawaban angket dengan 74 responden, ditemukan konsep diri siswa dengan skor tertinggi 145 dan skor terendah 76. Melalui pengolahan data persentase diketahui bahwa konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi adalah sedang yaitu sebesar 64,56 %. Berdasarkan data skor jawaban angket dengan 74 responden, ditemukan komunikasi interpersonal siswa dengan skor tertinggi 108 dan skor terendah 61. Melalui pengolahan data persentase diketahui bahwa gambaran komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi adalah baik yaitu 70,56 %. Berdasarkan hasil analisis data korelasi r hitung 0,689 > r table 0,1914 dengan tingkat kepercayaan α 0,05 (r hitung 0,689 > r tabel 0,1914) dan pada tingkat kepercayaan α 0,001 (r hitung 0,689 > r tabel 0,2682), maka diketahui bahwa terdapat korelasi sedang yang artinya terdapat hubungan yang positif dan berarti konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas VIII di SMP Negeri 21 Kota Jambi. Hasil ini memberikan implikasi pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Sesuai dengan hasil yang diperoleh, maka guru pembimbing memiliki peran penting untuk membantu mengoptimalkan konsep diri positif dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa yang berguna untuk bersosialisasi di masyarakat maupun kesuksesan masa depan siswa. Guru pembimbing memberikan bantuan melalui kegiatan dalam pelayanan individu seperti konseling individu, sehingga harapan untuk berkembangnya konsep diri positif dan menjadikan siswa memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik di masa depan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MUSLIMIN |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 02:43 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7863 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |