Ramadhani, Rahmat (2025) Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis doratoon pada pembelajaran IPAS Kelas V sekolah dasar. (2) Mendeskripsikan kevalidan dari pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis doratoon pada pembelajaran IPAS Kelas V sekolah dasar. (3) Mendeskripsikan kepraktisan dari media animasi materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya berbasis doratoon. Meode penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 14/I Sungai Baung. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis doratoon pada pembelajaran IPAS kelas V sekolah dasar sesuai dengan model pengembangan DDD-E yang terdiri dari, yaitu Decide, Design, Development, Evaluate untuk mengembangkan video animasi berbasis doratoon. Validitas pengembangan media ini berhasil memenuhi tujuan pembelajaran yang ditetapkan, di mana siswa dapat lebih mudah memahami konsep pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. (2) Validasi yang dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan media menunjukkan bahwa video animasi yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan tinggi dan layak digunakan dalam pembelajaran. Dengan skor rata-rata yang meningkat pada setiap tahap validasi, yaitu hasil validasi materi dengan rata-rata skor 4,27 ditahap 1 meningkat setelah direvisi ditahap dua menjadi 4,64 dengan kategori sangat valid. Kemudian, hasil skor rata-rata validasi bahasa di tahap satu 4,36 meningkat di tahap dua menjadi 4,9 dengan kategori sangat valid. Sedangkan untuk hasil skor rata-rata validasi media pada tahap satu 3,84 menjadi 4,61 pada tahap dua dengan kategori sangat valid. Hal ini menjadikan media ini dinyatakan memenuhi standar kualitas yang baik. (3) Kepraktisan media animasi berbasis Doratoon juga terbukti melalui tanggapan positif dari pendidik dan siswa. Media ini dirancang dengan tampilan menarik dan interaktif, yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Uji coba di kelas menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi saat menggunakan media ini, meskipun ada beberapa masukan untuk perbaikan, seperti ukuran huruf dan aspek visual lainnya. Hasil skor rata-rata untuk uji coba kelompok kecil yang terdiri dari 7 orang siswa yaitu 3,54, sedangkan untuk uji coba kelompok besar dengan keseluruhan 22 orang siswa mencapai rata-rata 4,4 dengan kategori sangat praktis untuk digunakan oleh peserta didik dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami materi dengan menggunakan video animasi berbasis doratoon. Kata Kunci: Pengembangan Media, Video Animasi, Doratoon. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (501kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (506kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (860kB) |
Abstract
This study aims to (1) describe the steps to develop doraton-based animation video learning media in elementary school class V science learning. (2) To describe the validity of the development of doratoon-based animation video learning media in elementary school class V science science. (3) Describe the practicality of the animation media of animal grouping materials based on the type of food based on doratoon. The research method uses the Research and Development (R&D) method with the Decide, Design, Develop, Evaluate (DDD-E) model. The subject of this study is a student of grade V of SDN 14/I Sungai Baung. The instrument used in data collection in this development research is a questionnaire or questionnaire. The data analysis techniques used are qualitative and quantitative. The results of the study show that (1) the steps to develop doratoon-based animation video learning media in elementary school class V science science learning are in accordance with the DDD-E development model consisting of, namely Decide, Design, Development, Evaluate to develop doratoon-based animation videos. The validity of this media development has successfully met the set learning objectives, where students can more easily understand the concept of grouping animals based on their type of food. (2) Validation conducted by material, language, and media experts shows that the animated videos developed have a high level of validity and are suitable for use in learning. With an average score that increases at each stage of validation, namely the results of material validation with an average score of 4,27 in stage 1 increased after being revised in stage two to 4.64 with a very valid category. Then, the average score of language validation in stage one was 4,36 and increased in stage two to 4.9 with a very valid category. Meanwhile, the average score of media validation in stage one was 3.84 to 4.61 in stage two with a very valid category. This makes this media declared to meet good quality standards. (3) The practicality of Doradoon-based animation media is also proven through positive responses from educators and students. This media is designed with an attractive and interactive display, which is able to increase student engagement in the learning process. Classroom trials showed that students showed great enthusiasm when using this medium, despite some suggestions for improvement, such as font size and other visual aspects. The average score for the small group trial consisting of 7 students was 3.54, while for the large group trial with a total of 22 students reached an average of 4.4 with a category that was very practics for use by students and improved their ability to understand the material by using doratoon-based animation videos. Keywords: Media Development, Animated Video, Doratoon
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Development, Animated Video, Doratoon |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Rahmat Ramadhani |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 04:52 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 04:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78651 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |