Pengembangan Media E-Mindmap Berbasis Aplikasi Xmind (Mind Map dan Brainstrom) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi

Pitri, Pitri (2025) Pengembangan Media E-Mindmap Berbasis Aplikasi Xmind (Mind Map dan Brainstrom) Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (131kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan seperti, penggunaan media yang masih terbatas pada proses pembelajaran khususnya pembelajaran sejarah. Perkembangan zaman yang serba digital menjadikan proses belajar lebih asik dan menarik, namun dalam kenyataannya guru masih keterbatasan dalam menggunakannya. Akhirnya media yang digunakan masih konvensional. Teknologi yang semakin canggih bisa dijadikan peluang besar untuk menerapkan media pembelajaran yang menarik dan lebih tertantang pada pembelajaran sejarah. melalui pengembangan media ini, supaya mempermudah pendidik dan siswa dalam memahami proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media e-mindmap berbasis aplikasi xmind (mind map dan brainstorm) untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah siswa kelas X SMA Negeri 11 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research & Development) yang menggunakan Model ADDIE dengan tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini dengan melakukan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik analisis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini (1) Menghasilkan produk berupa media e-mindmap berbasis aplikasi xmind. 2) Efektivitas penggunaan produk media e-mindmap berbasis aplikasi xmind (mind map dan brainstorm) untuk meningkatkan kreativitas belajar sejarah. Terdapat beberapa hasil diantaranya melalui hasil validasi ahli materi dengan skor persentase 85,7 % (Sangat Layak) dan validasi ahli media dengan tingkat persentase 91,4% (Sangat Layak). Hal tersebut menunjukkan bahwa media E-Mindmap berbasis aplikasi Xmind layak digunakan dan diuji cobakan kepada siswa. Adapun hasil respon siswa yaitu dengan nilai rata-rata 2924 dengan tingkat presentase 81,2% (Sangat Layak) hasil ini menunjukkan media E-Mindmap dikategorikan sangat layak. Hasil perhitungan data menggunakan SPSS V.25, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan Sig dari uji-t diperoleh sebesar ,000 (dibaca = 0,000), karena taraf signifikansi uji efektivitas Sig 2-tailed < 0,05. Artinya media ini efektif digunakan serta dapat meningkatkan kemampuan kreativitas belajar sejarah siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran E-Mindmap, Aplikasi Xmind, Kemampuan Kreativitas Belajar Sejarah Siswa. Abstratc: This research is motivated by several problems such as the use of media that is still limited in the learning process, especially history learning. The development of the digital era makes the learning process more fun and interesting, but in reality teachers are still limited in using it. Finally, the media used is still conventional. Increasingly sophisticated technology can be used as a great opportunity to apply interesting and more challenging learning media in history learning. through the development of this media, in order to make it easier for educators and students to understand the learning process in schools. This study aims to produce an e-mindmap media product based on the xmind application (mind map and brainstorm) to improve the creativity of learning history of class X students of SMA Negeri 11 Muaro Jambi. This type of research is a Development research (Research & Development) which uses the ADDIE Model with the following stages: Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. The test subjects in this study were conducted by conducting small group trials and large group trials. The data analysis technique uses qualitative and quantitative data types. Data was obtained from observation, interviews, and documentation. The results of this study (1) Produce a product in the form of e-mindmap media based on the xmind application. 2) Effectiveness of using e-mindmap media products based on the xmind application (mind map and brainstorm) to improve creativity in learning history. There are several results including through the results of validation by material experts with a percentage score of 85.7% (Very Eligible) and validation by media experts with a percentage level of 91.4% (Very Eligible). This shows that the E-Mindmap media based on the Xmind application is feasible to use and be tested on students. The results of student responses are with an average value of 2924 with a percentage level of 81.2% (Very Eligible) these results indicate that the E-Mindmap media is categorized as very feasible. The results of data calculations using SPSS V.25, in this study showed that the Sig acquisition from the t-test was obtained at ,000 (read = 0.000), because the significance level of the 2-tailed Sig effectiveness test <0.05. This means that this media is effective to use and can improve students' creativity in learning history. Keywords: E-Mindmap Learning Media, Xmind Application, Students' Creativity in Learning History.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: PITRI
Date Deposited: 02 Jun 2025 04:49
Last Modified: 02 Jun 2025 04:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78699

Actions (login required)

View Item View Item