Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

Salsabila, Kania and Asrial, Asrial and SHOLEH, MUHAMMAD (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas, 10 (2). ISSN 2477-2143

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (277kB)
[img] Text
Letter Of Acceptance (LoA).pdf

Download (1MB)
Official URL: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/issue...

Abstract

ABSTRAK Salsabila, Kania. 2025. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Rer. Nat. Asrial, M.Si., (II) Muhammad Sholeh, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Problem Based Learning, Berpikir kritis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 134/IV Kota Jambi pada tahunn pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis Quasi Eksperimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grup design, dimana terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa soal essay kepada peserta didik. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan rata-rat nilai hasil belajar akhir kelompok eksperimen dan kontrol. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan uji-t dengan nilai thitung 7,157 > ttabel 2,004. Dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning tehadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V di SDN 134/IV Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KANIA SALSABILA
Date Deposited: 31 May 2025 12:39
Last Modified: 31 May 2025 12:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78737

Actions (login required)

View Item View Item