Penggunaaan Model Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Nilai Anti Korupsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Novriana, Rowiah (2019) Penggunaaan Model Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Nilai Anti Korupsi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVERR.docx

Download (73kB)
[img]
Preview
Image
image1.jpeg

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image2.jpeg

Download (28kB) | Preview
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Novriana, Rowiah. 2019. Penggunaan Model Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Nilai Anti Korupsi Pada Siswa Kelas IV Sekolah: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs.Faizal Chan, S.Pd., M.S.i (II) Panut Setiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: meningkatkan, model inkuiri sosial, anti korupsi Pendidikan anti korupsi merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menanamkan sikap anti korupsi pada peserta didik di lingkungan sekolah melaui jalur pendidikan. Melalui pendidikan anti korupsi ini diharapkan akan lahir generasi tanpa korupsi sehingga di masa yang akan datang tercipta Indonesia yang bebas dari korupsi. Untuk itu perlunya mengintegrasikan pendidikan anti korupsi pada pembelajaran sehingga terbentuknya karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai anti korupsi. Seperti kejujuran dan tanggung jawab pada peserta didik. Pengintegrasian nilai-nilai anti korupsi harus didukung oleh penggunaan model pembelajaran yang tepat. Pada penelitian ini digunakan model pembelajaran inkuiri sosial yang mampu meningkatkan karakter peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri sosial dalam meningkat nilai anti korupsi pada siswa kelas IV dan . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian tindakan menggunakan model inkuiri sosial menunjukkan adanya peningkatan nilai anti korupsi kejujuran dan tanggung jawan pada peserta didik. Pada kondisi awal nilai ketuntasan kelas hanya 50%, pada siklus 1 naik menjadi 55%, siklus II menjadi 65% dan siklus III menjadi 75% . pada siklus III diketahui bahwa dari 31 orang peserta didik, 25 orang peserta didik (80%) yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa setelah diterapkannya model inkuiri sosial dalam pembelajaran nilai anti korupsi kejujuran dan tanggung jawab peserta didik di kelas IVB SD Negeri 131/IV Telanaipura Kota Jambi dapat ditingkatkan dengan bimbingan dan pengarahan dari guru. Dengan demikian disarankan kepada guru untuk dapat menerapkan model inkuiri sosial sebagai model pembelajaran yang mampu meningkatkan nilai anti korupsi pada peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Depositing User: ROWIAH NOVRIANA
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:46
Last Modified: 18 Apr 2019 02:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item View Item