Pengembangan e-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Canva pada Materi Kimia Hijau di SMA

Nurliyana, Nurliyana and Asyhar, Rayandra and Afrida, Afrida (2025) Pengembangan e-LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual Berbantuan Canva pada Materi Kimia Hijau di SMA. Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan, 3 (4). ISSN 2961-9890

[img] Text
Jurnal.pdf

Download (970kB)
Official URL: https://jerkin.org/index.php/jerkin/article/view/5...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan ahli media dan ahli materi, penilaian guru, dan respon peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis pendekatan kontekstual berbantuan canva pada materi kimia hijau yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develepoment (R&D) dengan model pengembangan Hannafin dan Pack yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu: Analisis, Perencanaan, Pengembangan/implementasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, dan data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa e-LKPD berbasis pendekatan kontekstual pada materi kimia hijau memperoleh kelayakan dari validasi ahli media dengan rerata skor 4,7 dan ahli materi dengan rerata skor 4,7 dengan kategori sangat layak. Memperoleh penilain oleh guru dengan rerata skor 4,6 dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap media e-LKPD dengan persentase 89,47% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan e-LKPD berbasis pendekatan kontekstual berbantuan canva pada materi kimia Hijau media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Liyana
Date Deposited: 31 May 2025 12:37
Last Modified: 31 May 2025 12:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/78748

Actions (login required)

View Item View Item