PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGANTISIPASI STRESS BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 8 KOTA JAMBI

ASNAH, ZETIL (2019) PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGANTISIPASI STRESS BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMPN 8 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (95kB)

Abstract

ABSTRAK Judul : Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengantisipasi Stress Belajar Siswa Kelas IX di SMPN Negeri 8 Kota Jambi. Nama Mahasiswa : Zetil Asnah NIM : A1E114026 Pembimbing 1 : Prof. Dr. Hj. EMOSDA, M.Pd. Kons. Pembimbing 2 : Drs. Joni Afri, M.Pd. Kata Kunci: Stress Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok Penelitian ini didasari dengan banyaknya fenomena yang ada di kelas tersebut yaitu banyak guru yang mengeluhkan peserta didik merasa tidak betah didalam kelas, merasa bosan belajar dengan guru yang tidak disenangi dan sering merasa pusing dengan adanya tugas yang harus dikerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi stress belajar pada siswa kelas IX SMP Negeri 8 Kota Jambi dengan menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok. Melalui layanan bimbingan kelompok, penurunan perilaku stress belajar siswa dapat dilihat secara proses maupun secara hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan layanan (PTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Kota Jambi yang dilakukan selama 2 bulan yaitu dimulai pada bulan 9 Agustus pada hari efektif kegiatan belajar mengajar. Subyek dalam PTL ini adalah adalah siswa kelas IX yang mengalami stress dalam belajar yaitu 8 orang siswa yang diambil berdasarkan rekomendasi guru pembimbing, leger nilai dan obsevasi dan wawancara sebelum pelaksanaan layanan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan wawancara. Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil persentase diatas Pada siklus I pertemuan I pada tanggal 14 Agustus yang mengalami perilaku stress belajar ada 4 siswa yang berada pada kriteria Sedang dan 4 siswanya lagi pada criteria Tinggi sedangkan Pertemuan II pada tanggal 21 Agustus 3 siswa yang berada pada kriteria Sedang dan 6 siswa pada criteria Tinggi. Siklus II pertemuan I pada tangggal 21 Agustus terdapat 5 siswa pada criteria Sedang dan 3 siswa pada criteria Tinggi sedangkan pertemuan II pada tanggal 6 September terdapat 1 siswa pada criteria Rendah dan 7 siswa criteria Sedang. Siklus III pertemuan I pada tanggal 13 September stress belajar siswa criteria Rendah 5 siswa dan 3 siswa lagi criteria Sedang sedangkan pertemuan II pada tanggal 20 September persentasi perilaku stress belajar 8 siswa berada pada criteria Rendah.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah stress belajar siswa dapat diantisipasi dengan melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik relaksasi. Implikasi dengan BK dalam penelitian ini adalah guru pembimbing dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan tambahan untuk melaksanakan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ZETIL ASNAH
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:49
Last Modified: 18 Apr 2019 02:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item