PRATIWI, AFRILA (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA MELALUI PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN A.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul : Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Melalui Penerapan Teknik Role Playing Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Pada Kelas XI IPS 3 SMAN 10 Kota Jambi. Nama Mahasiswa : AFRILA PRATIWI NIM : A1E114047 Pembimbing 1 : Dr. Akmal Sutja, M. Pd. Pembimbing 2 : Drs. Nelyahardi Gutji, M. Pd. Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Role playing, Layanan bimbingan kelompok. Remaja yang terampil dalam berkomunikasi terlihat dari keberaniannya dalam mengemukakan pendapat, caranya menanggapi saran yang diberikan orang lain serta kata-kata yang dipergunakannya dalam berbicara. Sebaliknya remaja yang kurang terampil dalam berkomunikasi biasanya tidak pandai dalam menyusun kata-kata, tidak dapat menerima saran dari orang lain, sulit mengemukakan pendapat bahkan cenderung pendiam. Melalui layanan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang yaitu layanan bimbingan kelompok. Selain itu salah satu teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang yaitu melalui layanan role playing. Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Mengungkapkan penerapan metode role playing pada layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Kota Jambi, dan (2) Mengungkapkan penerapan metode role playing pada layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 10 Kota Jambi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan layanan dan digunakan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dengan menerapkan teknok role playing pada penyelenggaraan layanan bimbingan kelompok. Subjek yang diteliti sejumlah 10 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi dan angket. Hasil penelitian penyelenggarakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing dengan (1) topik “pejabat provinsi jambi terjerat korupsi” pada siklus I , dan (2) topik “penistaan agama” pada siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan keterampilan komunikasi seseorang dapat melalui role playing atai bermain peran. Maka disarankan pada guru BK, dalam upaya meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dapat dilakukan melalui role playing.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AFRILA PRATIWI |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 02:49 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 02:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/7883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |